Sidang Paripurna MPR Dihujani Interupsi, Jimmy Menangis soal Papua

Pemilihan ketua MPR ditunda

Jakarta, IDN Times - Jimmy Demanius Ijie dari Papua Barat Fraksi PDIP menangis saat interupsi sidang paripurna MPR RI yang digelar hari ini, Rabu (2/10). Jimmy interupsi di tengah-tengah perdebatan soal tata tertib pemilihan ketua MPR.

Dia menilai, seharusnya mereka tidak terus interupsi demi merebutkan kursi MPR. Menurut dia, itu hal yang mudah diselesaikan ketimbang masalah kemanusiaan di Papua sekarang ini.

“Saya melihat kita ini sedang diperlihatkan sandiwara yang tidak lucu. Hanya berebut soal kursi kekuasaan di lembaga ini, dan tidak memperlihatkan sense of crisis kita, ada persoalan kemanusiaan yang luar biasa terjadi di Papua,” ucap Jimmy, sambil menangis.

“Jangan nangis,” tegur pimpinan MPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe.

Jimmy melanjutkan interupsinya dengan mengajak anggota MPR RI lainnya menjadikan lembaga MPR, lembaga yang perhatian masalah-masalah bangsa.

“Kita hanya berebut kekuasaan semata. Sementara, orang di Papua membutuhkan kehadiran lembaga negara untuk menyelesaikan masalah mereka,” kata dia.

“Kasihan pengungsi-pengungsi itu tidak ada perhatian dari kita. Kami orang Papua tidak pernah bermusuhan dengan saudara-saudara kami. Ulah kalian di Jakarta semua menjadi kerakusan kekuasaan yang luar biasa, kalian jadikan rakyat di daerah menjadi korban adu domba,” lanjut Jimmy.

Jimmy juga mengusulkan agar pemilihan pimpinan MPR dipercepat, agar bisa segera merespons masalah kemanusiaan di Papua.

“Percepat saja ini pimpinan MPR. Kami butuh MPR hadir di Papua, selesaikan masalah Papua. Itu lebih penting. Itu saran kami pimpinan. Kita harap seluruh anggota MPR ini menyumbang untuk pengungsi di Papua. Setuju?” tanya dia.

“Setuju,” jawab anggota MPR RI lainnya.

“Harus setuju. Kalau tidak mau keluar kantong, kalian penipu semua. Terima kasih pimpinan,” timpal Jimmy.

Sebelumnya, sidang paripurna MPR RI kembali diwarnai interupsi. Setelah sempat diskors 20 menit karena pimpinan sidang terdiri satu orang, sidang kembali dihujani interupsi soal tata tertib pemilihan ketua MPR. Namun, pemilihan ketua MPR akhirnya ditunda hingga Kamis besok (3/10).

Baca Juga: Sepakat! Pemilihan Pimpinan MPR Digelar Besok

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya