Comscore Tracker

Isu Rekonsiliasi Menguat, Ini Permintaan Prabowo? 

Mayoritas pendukung Prabowo sudah terima kemenangan Joko

Jakarta, IDN Times - Wacana rekonsiliasi nampaknya segera menemui titik terang. Jika tidak ada aral, pertemuan kedua calon presiden (capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto bakal digelar bulan ini.

Hal itu diungkap Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade. Wacana rekonsiliasi semakin menguat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menetapkan Joko Widodo sebagai Presiden terpilih 2019-2024.

Di dalam pembahasannya nanti, kata Andre, Prabowo akan melakukan pendekatan politik ke Jokowi untuk membebaskan pendukungnya yang ditahan.

“Bayangkan Pak Prabowo didatangi istri yang suaminya ditahan, suami yang istrinya ditahan, anak yang bapaknya ditahan, mereka datang memohon kepada Pak Prabowo untuk melepaskan keluarga, suami, yang ditahan,” kata Andre di kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (3/7).

Baca Juga: Menanti Rekonsiliasi, Jokowi Harus Menyambangi Prabowo?

1. Sebanyak 60 persen pendukung Prabowo sudah menerima kemenangan Jokowi

Isu Rekonsiliasi Menguat, Ini Permintaan Prabowo? IDN Times/ Mahendra

Meski banyak pendukungnya yang keberatan, namunberdasarkan hasil survei Gerindra, sekitar 60 persen pendukung Prabowo telah legowo atas kemenangan Jokowi. Bagaimana sisanya?

“Sekitar 40 persennya lagi terbagi dua, 25 persen terserah Pak Prabowo mau rekonsiliasi atau tidak, sisanya menolak. Jadi mayoritas pendukung Prabowo menginginkan yang terbaik buat bangsanya,” ujar Andre.

2. Sebelum bertemu Jokowi, Prabowo akan rapat internal

Isu Rekonsiliasi Menguat, Ini Permintaan Prabowo? IDN Times/Irfan Fathurohman

Andre menjelaskan, ada dua tahapan yang akan dilalui Prabowo dan Partai Gerindra sebelum bertemu Jokowi.  Pertama, Gerindra akan menggelar rapat kerja nasional Partai Gerindra, di mana Prabowo akan konsolidasi internal partai.

Kedua, Prabowo akan bertemu relawan dan pendukung untuk menyerap aspirasi dan diskusi apa langkah selanjutnya. “Selanjutnya, Pak Prabowo akan bertemu Pak Jokowi bulan Juli ini,” Andre menegaskan.

Namun untuk saat ini, kata dia, Gerindra belum mengambil langkah apapun. 

3. Rekonsiliasi bukan politik dagang sapi

Isu Rekonsiliasi Menguat, Ini Permintaan Prabowo? IDN Times/Irfan Fathurohman

Gerindra berharap, rekonsiliasi tidak dibingkai oleh pihak mana pun sebagai bagi-bagi jatah kursi. Selanjutnya rekonsiliasi diharapkan mampu meredam tensi pendukung untuk kembali merangkul dan membangun bangsa.

“Arti katanya silaturahim itu bukan Pak Prabowo dapat kursi menteri yah, atau pun politik dagang sapi, tapi kita kembali bergandengan tangan merajut kedamaian,” ujarnya.

4. Gerindra bisa double track?

Isu Rekonsiliasi Menguat, Ini Permintaan Prabowo? IDN Times/Axel Jo Harianja

Mengenai langkah Gerindra ke depan, Andre tidak menutup kemungkinan partai besutan Prabowo itu bakal double track. Artinya, mungkin bisa di dalam pemerintahan bisa juga sebagai oposisi.

“Nah posisi Gerindra bisa di dalam pemerintahan bisa di luar pemerintahan, karena bekerja sama dengan pemerintah bisa dikerjakan dari luar pemerintahan. Ini belum ada keputusan apa pun, ini masih menunggu langkah Pak Prabowo. Yang pasti Pak Prabowo akan mengambil putusan yang terbaik bagi bangsa,” pungkasnya.

Baca Juga: 3 Kali Gagal di Pilpres, Bagaimana Peluang Prabowo Subianto di 2024?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya