Comscore Tracker

Puan dan Prananda Disiapkan Ganti Megawati Pimpin PDIP 

Pergantian pucuk pimpinan paling cepat tahun 2024

Jakarta, IDN Times - Dua anak Megawati Soekarnoputri dipersiapkan untuk menduduki pucuk pimpinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Keduanya yaitu Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Hal itu dikemukakan politikus PDI Perjuangan (PDIP) Aria Bima, "di level pusat seperti sudah disampaikan, pasti mas Prananda dan mbak Puan (disiapkan). Tinggal mana yang nanti diberikan tugas oleh ibu Mega," kata Aria Bima dilansir dari kantor berita Antara, Sabtu (3/8).

Lalu apa yang menjadi alasan keduanya penerus tahta Megawati?

1. Kader dan simpatisan PDIP menerima Puan dan Prananda

Puan dan Prananda Disiapkan Ganti Megawati Pimpin PDIP IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sosok Prananda dan Puan Maharani, dinilai Bima, dapat diterima oleh seluruh kader dan pendukung PDIP, sebab keduanya masih segaris dengan trah Soekarno. Terlebih, lanjut dia, pendukung PDIP hingga saat ini banyak yang merupakan Soekarnois sejati.

Meskipun demikian, dia mengatakan, alih kepemimpinan PDIP dari Megawati kepada kedua anaknya itu paling cepat baru bisa dilaksanakan 2024.

Baca Juga: Pilkada Solo, PDIP Buka Peluang Usung Putra Jokowi

2. Pucuk pimpinan PDIP masih ada di tangan Megawati hingga 2024

Puan dan Prananda Disiapkan Ganti Megawati Pimpin PDIP ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurutnya, untuk kongres V PDIP 8 Agustus mendatang, yang salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum 2019-2024, akar rumput PDIP telah menghendaki Megawati kembali memimpin partai.

Sementara itu, peneliti senior Centre for Strategic of International Studies (CSIS) J Kristiadi mengatakan, proses regenerasi di tubuh PDIP hanyalah soal waktu.

3. Regenerasi partai tetap disiapkan

Puan dan Prananda Disiapkan Ganti Megawati Pimpin PDIP IDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Terkhusus PDIP, Kristiadi mengatakan regenerasi di dalam partai yang memiliki ideologi kuat, tidak dapat berjalan seketika. Namun dia meyakini Megawati telah memikirkan proses regenerasi tersebut. "Bentuk regenerasinya apa, saya belum tahu," kata Kristiadi.

4. Puan dinilai sebagai sosok yang pas untuk kursi ketua DPR R

Puan dan Prananda Disiapkan Ganti Megawati Pimpin PDIP IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Merujuk Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) ayat 1 Pasal 427D, maka PDIP sebagai partai politik pemenang Pemilu 2019 berhak mendapatkan jatah kursi ketua DPR RI.

Pengamat politik dari Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan dengan menjabat sebagai ketua DPR, karier politik Puan diyakini akan semakin cemerlang pada masa mendatang.

“Hemat saya, Puan akan menjadi ketua DPR. Kalau secara ketatanegaraan kan setara dengan presiden. Menurut saya PDIP tidak akan sungkan menjadikan Puan menjadi ketua,” kata Ujang kepada IDN Times.

Baca Juga: Sederet Agenda Penting Membuat Kongres ke-5 PDIP Dipercepat

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya