Comscore Tracker

Menko Polhukam Sebut Bomber Medan Kabur, Ini Kata Polri

Polri tegaskan pelaku teror itu tunggal

Jakarta, IDN Times - Polri membantah pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebut satu terduga pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan berhasil kabur. Polri menegaskan, pelaku teror tersebut tunggal.

"Tidak terlihat (dari CCTV). Bom bunuh diri pelakunya tunggal," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Kamis (14/11).

Baca Juga: Fakta-Fakta Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

1. Polisi menelusuri jaringan pelaku bom bunuh diri di Medan

Menko Polhukam Sebut Bomber Medan Kabur, Ini Kata PolriTerduga pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan terekam CCTV (Dok. Polrestabes Medan)

Saat ini, kata Dedi, Polri memang masih menelusuri ada tidaknya jaringan dari pelaku tersebut. Namun, dia memastikan pelaku yang meledakkan diri di Polrestabes Medan hanya ada satu orang.

"Ini masih kita dalami dulu ya untuk jejaring maupun kelompoknya," ujarnya.

Baca Juga: Polri: Istri Pelaku Bom Medan Sempat Rencanakan Teror di Bali

2. Polri memantau sel tidur teroris di beberapa daeran di Tanah Air

Menko Polhukam Sebut Bomber Medan Kabur, Ini Kata Polri(Lapas Cipinang) IDN Times/Dini Suciatiningrum

Dedi mengatakan, hingga saat ini polisi tengah menelusuri jaringan dari terduga pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Rabbial Muslim Nasution. Sel-sel tidur teroris di berbagai daerah terus dipantau.

"Masih didalami, masih dikembangkan. Dari Densus 88 yang ada di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur juga terus memonitor sleeping sel yang masih ada di lapangan atau wilayah, termasuk yang ada di Sumatera Utara, Riau maupun di beberapa wilayah," tuturnya.

3. Mahfud MD sebut ada pelaku bom yang berhasil melarikan diri

Menko Polhukam Sebut Bomber Medan Kabur, Ini Kata Polri(Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers kepada wartawan di Kementerian Polhukam) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Sebelumnya, Mahfud MD sempat bicara tentang adanya pelaku yang masih diburu. Dia juga mengimbau masyarakat tidak membagikan gambar-gambar mengerikan dari aksi teror itu.

"Penanganan soal bom yang saat ini sudah diketahui pasti korban jiwa ada satu pelaku bom bunuh diri, empat aparat kita dari polisi dan satu dari orang biasa luka-luka. Yang satu bomber-nya lari dan masih pengejaran," ujar Mahfud, di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Rabu (13/11).

Baca Juga: Bomber Medan Disebut-sebut Driver Ojol, Kapolda: Kok Masih Percaya?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You