Comscore Tracker

Indra Bambang Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum Golkar

Indra berniat maju karena menilai Golkar tengah terpuruk

Jakarta, IDN Times - Nama politisi senior Golkar Indra Bambang Utoyo turut meramaikan bursa calon ketua umum (caketum), di tengah ramainya pemberitaan soal perebutan kursi Ketua Umum Partai Golkar antara Airlangga dan Bambang Soesatyo.

Indra mengatakan akan maju sebagai calon ketua umum Golkar pada Musyawarah Nasional (Munas) 2019. Apa alasan Indra Bambang Utoyo maju dalam munas?

1. Indra melihat kondisi partai yang terpuruk

Indra Bambang Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum GolkarIDN Times/Istimewa

Salah satu faktor utama yang membuat Indra berniat maju dalam perebutan kursi ketum Golkar adalah kondisi partai yang dinilainya semakin terpuruk.

"Menurunnya perolehan suara dan kursi DPR RI pada pemilu 2019 disebabkan faktor kepemimpinan bermasalah, tidak ada isu strategis, tidak terlaksananya konsolidasi dengan baik," kata Indra dilansir dari Kantor Berita Antara, Minggu (21/7).

Baca Juga: Pemilihan Ketum Golkar Diprediksi Memanas, Internal Terganggu?

2. Konflik internal dan praktik korupsi kader partai

Indra Bambang Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum GolkarIDN Times/Arief Rahmat

Indra menambahkan, kondisi partai terpuruk juga disebabkan konflik internal serta persaingan kekuasan yang membuat partai terbelah.

Selain itu ada berbagai kasus korupsi yang menjerat kader partai termasuk mantan tokoh sentral Golkar seperti Setya Novanto dan Idrus Marham.

3. Golkar dianggap apatis terhadap isu paham khilafah

Indra Bambang Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum GolkarIDN Times/Irfan Fathurohman

Di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto selama ini, Indra menilai Golkar seolah tidak menunjukkan kekhawatiran terhadap perkembangan paham khilafah. Dia menekankan semestinya Golkar menjadi partai terdepan dalam melawan perkembangan paham tersebut.

Baca Juga: Polda Sulsel Tetapkan 7 Tersangka Dugaan Pidana Pemilu Caleg Golkar

4. Indra deklarasi setelah ada kepastian jadwal munas

Indra Bambang Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum GolkarIDN Times/DPR RI

Indra akan menggelar deklarasi sebagai calon ketua umum, setelah ada kepastian kapan munas diselenggarakan.

Sejauh ini telah ada sedikitnya lima kader Golkar yang mendeklarasikan diri maju sebagai calon Ketua Umum Golkar dalam Munas 2019. Mereka adalah Airlangga Hartarto selaku petahana, Bambang Soesatyo, Ali Yahya, Ulla Nuchrawatty dan Marlinda Irwanti. Sementara nama lain yang disebut juga akan maju, Ridwan Hisyam.

Baca Juga: Berkas Kasus Pidana Pemilu Caleg Golkar Dilimpahkan ke Kejari Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You