Comscore Tracker

Korban Virus Corona Terus Bertambah, 106 Orang Tewas, 4.500 Terinfeksi

Virus corona bisa menyebar lewat kontak fisik

Jakarta, IDN Times - Jumlah korban tewas akibat mewabahnya virus corona terus bertambah. Hingga Selasa (28/1), korban meninggal sudah mencapai 106 orang. 

Otoritas Tiongkok mengonfimasi jumlah korban jiwa itu pada Selasa pagi, demikian dikutip dari situs South China Morning Post. Sejauh ini, kasus virus corona yang terkonfirmasi pun melonjak tajam di banding kemarin, yakni 4.559 orang terinfeksi. 

Selain itu, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok (National Health Commission/NHC) mengonfirmasi bahwa virus corona tipe baru (2019-nCov) bisa menyebar melalui kontak fisik.

Jumlah korban tewas itu mayoritas berada di provinsi Hubei, yang memang menjadi episentrum perebakan wabah virus corona. 

Korban Virus Corona Terus Bertambah, 106 Orang Tewas, 4.500 Terinfeksiwww.scmp.com

Baca Juga: Penting! 5 Cara Penularan Virus Corona, Bisa Lewat Nafas dan Ludah  

1. Strain virus corona jenis baru itu mirip dengan SARS

Korban Virus Corona Terus Bertambah, 106 Orang Tewas, 4.500 Terinfeksi(Nomor hotline untuk dihubungi soal virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Masa inkubasi virus baru ini bervariasi dari 3 hingga 7 hari dan tak lebih dari 14 hari, demikian diungkap NHC dalam sebuah pernyataan pada Selasa.  NHC juga merilis data baru bahwa strain virus corona baru ini mirip--sekitar 85 pesen--dengan severe acute respiratory syndrome (SARS). 

Virus 2019-nCov sempat disebut menyerang tiga kelompok, termasuk orang lanjut usia. Berdasarkan penelitian terbaru, NHC mengungkap bahwa bayi dan anak-anak juga bisa terinfeksi, namun gejala yang muncul relatif ringan.

Baca Juga: Waspada! 3 Kelompok Ini Paling Rentan Terserang Virus Corona

2. Dari 37 kasus, 36 di antaranya punya riwayat perjalanan ke Tiongkok

Korban Virus Corona Terus Bertambah, 106 Orang Tewas, 4.500 TerinfeksiVirus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong. (IDN Times/Yogi Pasha)

Selain itu, dari 37 kasus yang terjadi di luar Tiongkok, 36 di antaranya terjadi pada orang yang punya riwayat perjalanan ke Tiongkok, 34 di antaranya punya riwayat perjalanan ke Wuhan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa penularan antar manusia bisa terjadi meskipun orang yang sudah terinfeksi belum menunjukkan gejala sakit.

Baca Juga: WNA Asal Wuhan di Cilacap Diduga Kena Virus Corona, Dirujuk ke RS

3. WHO mengimbau untuk menghindari kontak langsung

Korban Virus Corona Terus Bertambah, 106 Orang Tewas, 4.500 TerinfeksiWisatawan mengunjungi Dazaifu memakai masker di Dazaifu, Prefektur Fukuoka, Jepang. ANTARA FOTO/REUTERS/The Yomiuri Shimbun/Takashi Ozaki

WHO mengimbau masyarakat dunia untuk menghindari terinfeksi virus corona dengan  menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit infeksi saluran pernapasan akut, cuci tangan menggunakan sabun khususnya setelah bertemu langsung dengan orang yang sedang sakit, menghindari kontak dengan hewan ternak atau hewan liar tanpa alat pelindung diri, dan menerapkan etika batuk.

Selain itu, WHO juga menganjurkan fasilitas kesehatan menerapkan standar pencegahan dan pengendalian penyakit infeksi, khususnya di bagian gawat darurat.

https://www.youtube.com/embed/peYO9b8N3dA

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya