Kata Puan Maharani soal Tiga Calon Menteri Jokowi dari Gerindra

Santer terdengar 3 nama elite ini akan masuk kabinet Jokowi

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra diisukan merapat ke barisan pemerintah dengan tiga nama elitenya yang masuk ke daftar calon menteri Kabinet Kerja Jilid ll. Ketiganya adalah duo Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon dan Edhy Prabowo serta Sandiaga Uno, yang dikabarkan segera kembali mengantongi kartu tanda anggota Gerindra.

Saat dikonfirmasi soal ini, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo belum berbicara.

"(PDIP) setuju gak setuju kita lihat aja, orang Presiden belum ngajak ngomong, belum ketemu Presiden. Belum ada pembicaraan terkait itu," kata Puan di kompleks Parlemen DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (7/10).

Baca Juga: Bantah Minta 3 Jatah Menteri ke Jokowi, Gerindra Jelaskan Tiga Hal Ini

1. Kursi menteri hak prerogatif Jokowi

Kata Puan Maharani soal Tiga Calon Menteri Jokowi dari GerindraANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Namun demikian, Puan menegaskan, soal menteri sepenuhnya adalah hak prerogatif Jokowi sebagai presiden. Menurut Puan, PDIP tak bisa menyatakan setuju atau tidak dengan masuknya Gerindra. Karena menurut dia, Jokowi harus melakukan pembicaraan bersama partai pendukung lainnya.

"Ada partai lain yang kemudian bersama-sama dengan Pak Jokowi. Jadi ini semua merupakan hak prerogatif Presiden, harus dibicarakan secara matang dan bersama-sama dengan semua partai yang mendukung Pak Presiden. Kita lihat aja nanti," ujarnya.

2. Fadli Zon dan Edhy Prabowo bersaing rebut kursi di Kabinet Kerja Jilid ll?

Kata Puan Maharani soal Tiga Calon Menteri Jokowi dari GerindraIDN Times/Irfan fathurohman

Fadli Zon saat ini merupakan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), yang artinya bergerak di bidang ketahanan pangan.

Sedangkan, Edhy Prabowo pernah menjadi Ketua Komisi IV DPR, yang membidangi pertanian, kehutanan, lingkungan hidup, dan pangan. Disebutkan, Edhy Prabowo dan Fadli Zon bisa saja bersaing untuk memperebutkan satu kursi di Kabinet Kerja Jilid II.

3. Sandiaga diisukan jadi menteri investasi

Kata Puan Maharani soal Tiga Calon Menteri Jokowi dari GerindraIDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, nama Sandiaga diisukan akan mengisi pos menteri bidang ekonomi, yaitu menteri investasi, dalam susunan kabinet yang beredar di grup-grup Whatsapp (WA).

Namun, Sandiaga mengaku belum berkomunikasi langsung dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto, apakah benar namanya diusulkan masuk ke dalam kabinet Jokowi.

4. Gerindra bantah minta jatah tiga kursi menteri

Kata Puan Maharani soal Tiga Calon Menteri Jokowi dari GerindraIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak membantah, Gerindra meminta jatah tiga kursi menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Dahnil meluruskan pemberitaan yang menyatakan, Gerindra akan diberikan tiga kursi menteri yang akan diisi oleh tiga tokoh Gerindra yakni Fadli Zon, Sandiaga Uno, dan Edy Prabowo.

"Saya ingin mengklarifikasi pemberitaan yang menyatakan Gerindra akan diberikan tiga kementerian dan tiga tokoh Gerindra yakni Fadli Zon, Sandiuno, dan Edy Prabowo ditawarkan menjadi menteri," kata Dahnil dalam keterangan tertulis, Jumat (4/10).

"Pak Prabowo sejak awal tidak pernah bicara secara spesifik tentang jabatan menteri dengan siapa pun," ujar Dahnil.

Baca Juga: Selain PDIP, Golkar dan Gerindra Sudah Siapkan Nama untuk Pimpin DPR

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya