Comscore Tracker

Cara Pendaftaran Menikah via Online di Kemenag selama Wabah COVID-19

Baca baik-baik panduannya, jangan sampai salah

Jakarta, IDN Times - Pemerintah baru-baru ini memperpanjang sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga 21 April 2020. Ini tentu berdampak pada sejumlah layanan masyarakat, salah satunya di Kantor Urusan Agama (KUA).

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan, kebijakan WFH turut berdampak pada layanan pencatatan nikah. Layanan itu dipastikan hanya akan tetap berjalan khusus bagi calon pengantin yang sudah mendaftar sejak jauh hari.

"Untuk saat ini, karena kebijakan WFH bagi semua pegawai Kemenag hingga tingkat KUA, maka pelayanan pencatatan nikah dilaksanakan bagi mereka yang sudah mendaftar," kata Kamaruddin lewat keterangan tertulisnya, Selasa (31/03).

1. Calon pengantin bisa mendaftar via online

Cara Pendaftaran Menikah via Online di Kemenag selama Wabah COVID-19Dua pasang pengantin dibuatkan resepsi sederhana di Gedung Negara Grahadi, Rabu (24/3). Dok.IDN Times/Istimewa

Lalu, bagaiman dengan calon pengantin yang baru akan mendaftarkan diri setelah masa WFH? Tetap bisa. Kamaruddin mengatakan, mereka bisa tetap bisa mendaftar. Tapi bukan melalui cara biasa di kantor KUA, melainkan lewat situs resmi Kemenag.

"Sedangkan bagi pendaftar baru, bisa mendaftar secara online melalui simkah.kemenag.go.id," lanjutnya.

Baca Juga: Kemenag Solo Minta Percepat Salat Jumat, Antisipasi Penyebaran Corona

2. Kemenag imbau calon pengantin memperhatikan waktu acara pernikahan

Cara Pendaftaran Menikah via Online di Kemenag selama Wabah COVID-19Aktivitas pelayanan Kemenag PPU (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Seiring upaya pemerintah mencegah penyebaran wabah COVID-19, Kamaruddin mengimbau para calon pengantin untuk melakukan perencanaan ulang terkait acara pernikahannya dengan memperhatikan kondisi tanggap darurat saat ini.

"Jika memungkinkan, waktu seremonial acara pernikahan dijadwal ulang sehingga prosesnya bisa berjalan dalam suasana dan kondisi yang lebih baik," tutur Kamaruddin.

3. Berikut ini tahapan yang dilakukan saat mendaftar layanan pencatatan nikah secara daring

Cara Pendaftaran Menikah via Online di Kemenag selama Wabah COVID-19Form pendaftaran calon pengantin secara daring

1. Mengakses: simkah.kemenag.go.id
2. Klik daftar nikah
3. Pilih nikah di mana: a. Provinsi/Kab/Kota/Kecamatan, b. Tanggal dan jam
4. Masukan data calon suami dan calon istri,
5. Checklis dokumen
6. Masukkan nomor HP
7. Upload foto
8. Cetak bukti pendaftaran

Baca Juga: Jemaah Umrah Dimoratorium, Kemenag Ingin PPIU Atur Ulang Jadwal

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya