Comscore Tracker

Ditawari Gerindra, PKB, Hingga PAN, Ini Jawaban Sandiaga

Intip rutinitas Sandiaga setelah Pilpres 2019

Jakarta, IDN Times - Sandiaga Uno sempat tenggelam setelah hiruk-pikuk Pemilihan Presiden 2019 selesai dengan kemenangan rivalnya, Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin. Sandiaga sibuk apa ya?

Ditemui IDN Times, Jumat (23/8), Sandiaga mengaku menghabiskan waktunya dengan rutinitas menyehatkan loh, mulai dari bersepeda, bermain basket, hingga berenang. Hampir tiap pagi, tiga aktivitas olahraga itu ia lakukan. Ternyata, itulah tips Sandi yang ogah terlihat tua meski usianya sudah genap 50 tahun.

Lepas dari Pilpres pada (17/4) lalu, mantan cawapres nomor urut 02 mengaku sedang "nganggur" dari kancah politik di Tanah Air. 

“Ya, terus terang nganggur sih. Papah Online lagi nganggur. Tapi saya lagi istirahat lagi ambil jeda belum berpolitik dulu,” kata Sandiaga saat ditemui IDN Times  di Lapangan Basket Senayan, Jakarta Selatan.

Lalu, apakah Sandi sudah memutuskan untuk bergabung dengan partai politik yang mana? Kapan ia terakhir kali berkomunikasi dengan Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto?

1. Tak lagi berpasangan sebagai capres-cawapres, Sandiaga masih berkomunikasi dengan Prabowo

Ditawari Gerindra, PKB, Hingga PAN, Ini Jawaban SandiagaIDN Times/Irfan Fathurohman

Meski memutuskan untuk rehat di politik, Sandiaga tetap berkomunikasi dengan mantan capresnya, Prabowo Subianto. Dia mengaku terakhir kali bertemu Prabowo pada Kamis (22/8). 

“Saya rutin sih seminggu sekali atau dua kali (bertemu). Tapi banyaknya (berkomunikasi) by phone. Kami sering update (informasi). Beliau kan banyak kegiatan politiknya, (tapi) saya udah gak ikut-ikut lagi,” kata pria yang sempat jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

Baca Juga: Habis Rp1,4 Triliun di Pilpres 2019, Sandiaga: Saya Gak Kapok

2. Prabowo dan Sandiaga saling berbagi informasi terkait politik dan ekonomi

Ditawari Gerindra, PKB, Hingga PAN, Ini Jawaban SandiagaIDN Times/Irfan Fathurohman

Kendati masih rehat dari hingar-bingar politik, Sandiaga mengaku tetap update isu politik dari Prabowo. Sementara, Sandi kerap membagi pola pikirnya terkait bidang ekonomi.

“Dia (Prabowo) update kegiatan pasca-Pilpres 2019dari segi politik, saya meng-update Beliau tentang ekonomi. Karena ekonomi melemah, karena ada perang dagang, biaya bahan pokok meningkat, karena ada kekeringan, dan lain-lain,” tutur Sandi. 

Ia berharap bisa turut memberikan masukan terhadap keadaan ekonomi Indonesia yang kini menghadapi tantangan. "Sebagai mitra pemerintah Jokowi, kami beri masukan-masukan," katanya lagi. 

3. Sandiaga mengaku ditawari kembali bergabung ke Partai Gerindra

Ditawari Gerindra, PKB, Hingga PAN, Ini Jawaban SandiagaIDN Times/Irfan Fathurohman

Kemana Sandiaga akan berlabuh saat kembali ke dunia politik? Pertanyaan ini menggaung setelah dia terpaksa keluar dari Gerindra demi bisa maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo di Pilpres 2019. Lalu, apakah Sandi akan ikut hadir dan memutuskan kembali bergabung dengan partai yang dibesut oleh Prabowo itu?

Sandi mengaku belum memutuskan. Namun, ia tak membantah sudah sempat menerima utusan dari Partai Gerindra di kantornya pada Rabu kemarin. 

"(Rabu) kemarin dari Gerindra juga ada utusan datang ke kantor saya (untuk menawarkan kembali bergabung), saya ucapkan terima kasih," kata dia. 

Sebelumnya, Sandiaga mengatakan ia akan kembali berpolitik dalam waktu dekat. Ia memprediksi kembali aktif dalam beberapa bulan ke depan. "Satu, dua bulan lagi (balik berpolitik)," kata Sandi di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

Gerindra sendiri akan menggelar rapat kerja nasional pada (21/9) mendatang. Namun, mengenai lokasi, belum ditentukan di mana rakernas itu digelar. Prabowo pun sudah melayangkan undangan ke beberapa ketua umum parpol lainnya, termasuk Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. 

4. Sandi akan merapat ke kubu pemerintah?

Ditawari Gerindra, PKB, Hingga PAN, Ini Jawaban SandiagaIDN Times/Irfan Fathurohman

Selain mendapatkan tawaran agar kembali ke Partai Gerindra, Sandi mengaku juga ditawari oleh parpol lain termasuk partai yang mendukung kubu pemerintah, seperti PKB. Namun, ia tidak ingin buru-buru menjawab. Ia hanya mengucapkan terima kasih karena masih ingin menikmati masa rehat. 

"PKB (Partai Kebangkitan Bangsa yang juga menawari), semua saya ucapkan terima kasih. PAN (Partai Amanat Nasional) saya terima kasih. Kemarin dari Gerindra juga ada utusan yang datang ke kantor saya, saya ucapkan terima kasih," tutur Sandi. 

Gimana prediksi kalian, guys? Sandi akan kembali ke Partai Gerindra atau malah menyeberang ke parpol lain? 

Baca Juga: Sandiaga Uno: Pemindahan Ibu Kota Penting Gak Sih?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You