Comscore Tracker

Tim Densus Sudah Tangkap 99 Terduga Teroris terkait Bom Makassar

Polri menyebut 99 orang itu anggota jaringan JAD

Jakarta, IDN Times - Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap 99 terduga teroris pascabom bunuh diri yang terjadi pada Minggu, 28 Maret 2021, di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan. 

“Total secara keseluruhan, yang telah diamankan pascaledakan Gereja Katedral di Makassar, sampai saat ini sebanyak 99 orang,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (30/3/2021).

1. Densus 88 tangkap terduga teroris di delapan wilayah berbeda

Tim Densus Sudah Tangkap 99 Terduga Teroris terkait Bom MakassarKedatangan 23 teroris di Bandara Soekarno-Hatta (IDN Times/Maya Aulia)

Baca Juga: Polisi Kembali Tangkap 7 Terduga Teroris terkait Bom Katedral Makassar

Operasi penangkapan 99 terduga teroris dilaksanakan di delapan wilayah berbeda di Indonesia. Penangkapan terbanyak berada di Kota Makassar.

Berikut rinciannya:
1. Nusa Tenggara Barat: lima orang
2. Jakarta: 12 orang
3. Makassar: 55 orang
4. Jawa Timur: lima orang
5. Jawa Barat: enam orang
6. Jawa Tengah: enam orang
7. Bekasi: satu orang
8. Yogyakarta: sembilan orang

“Pascaledakan Gereja Katedral di Makassar pada tanggal 28 maret 2021 lalu, Densus 88 Antiteror Polri terus melakukan kegiatan tindakan kepolisian dalam rangka mencegah aksi-aksi terorisme di Tanah Air,” ujar Ramadhan.

2. Sebelas terduga teroris ditangkap dalam 24 jam terakhir

Tim Densus Sudah Tangkap 99 Terduga Teroris terkait Bom MakassarPolisi mengamankan area ledakan dugaan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar. IDN Times/Ashrawi Muin

Teranyar, Densus 88 menangkap 11 orang terduga teroris dalam waktu kurang dari 24 jam. Penangkapan terduga teroris kelompok Jemaah Ansharut Daulah (JAD) itu berlangsung pada Kamis, 29 April 2021.

“Ini merupakan jaringan yang sama, yaitu jaringan yang merupakan kelompok Villa Mutiara, kelompok teroris JAD yang berafiliasi dengan ISIS. Mereka para tersangka memiliki keterkaitan dengan peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar,” kata Ramadhan.

3. Bom bunuh diri terjadi di Gereja Katedral Makassar

Tim Densus Sudah Tangkap 99 Terduga Teroris terkait Bom MakassarPolisi mengamankan lokasi terjadinya bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021). IDN Times/Ashrawi Muin

Bom bunuh diri meledak di Gereja Katedral Makassar, Sulsel, pada Minggu, 28 Maret 2021 lalu. Aksi terorisme itu melibatkan perempuan berinisial YSF sebagai aktor ‘pengantin’ bom bunuh diri bersama L, suaminya.

Keduanya menggunakan sebuah sepeda motor dan berusaha masuk ke gerbang Gereja Katedral. Aksi keduanya diadang petugas pengamanan Gereja Katedral.

Dalam kejadian tersebut, setidaknya korban luka ada sebanyak 20 orang. Semua korban berhasil diselamatkan dan tak ada korban meninggal dunia. Sementara pelaku L dan YSF tewas di tempat.

Baca Juga: Polisi Kembali Tangkap 7 Terduga Teroris terkait Bom Katedral Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya