Comscore Tracker

Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kaltim Gunakan Lahan Milik Prabowo?

Dahlan Iskan mengungkap pemilik lahan lokasi ibu kota

Jakarta, IDN Times - Hal mengejutkan dikemukakan mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Lewat laman pribadinya di disway.id, ia mengungkapkan bahwa lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur berdiri di atas lahan milik Prabowo Subianto.

“Pemilik perusahaan itu sudah bukan orang Amerika lagi (International Timber Corporation Indonesia). Sudah berganti orang Indonesia. Namanya Prabowo Subianto,” kata Dahlan, dikutip IDN Times, Selasa (27/8).

1. Letak ibu kota baru dekat dari Teluk Balikpapan

Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kaltim Gunakan Lahan Milik Prabowo?Dok. Kementerian PUPR

Sebelumnya, Dahlan menjelaskan bahwa dirinya sangat memahami letak ibu kota baru di Kalimantan Timur tepatnya di Teluk Balikpapan. Dulunya, ketika kawasan itu masih hutan pernah disebut sebagai kawasan ‘emas hijau’.

“Kayunya menghasilkan dolar tidak henti-hentinya. Kayu-kayu besar ditebang. Diekspor dalam bentuk gelondongan. Lewat teluk (Balikpapan) itu,” ujarnya.

Baca Juga: Ini 6 Desain Ibu Kota di Penajam Paser dan Kutai Kartanegara

2. Perusahaan ITCI bukan punya orang Amerika lagi

Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kaltim Gunakan Lahan Milik Prabowo?IDN Times/Irfan Fathurohman

Dahlan paham betul asal-usul lahan calon ibu kota baru Indonesia. Sebab, ia pernah menjadi aktivis mahasiswa dan memulai karier wartawannya di Kalimantan Timur. Dahulu, hak penebangan hutan di Kalimantan Timur itu diberikan ke perusahaan asing dari Amerika (ITCI) yang berpusat di Oregon.
 
“Sebut saja nama ITCI. Di tahun 1970-an. Semua orang Kaltim tahu. Dekade itu saya hidup di Kaltim. Menjadi aktivis mahasiswa di sana. Juga memulai karier wartawan dari sana,” ujar Dahlan.

Sekarang, menurut Dahlan, hutan itu telah habis dan tidak ada lagi ITCI, dan pemilik lahan itu bukan lagi punya orang Amerika melainkan milik Prabowo Subianto.
 
“Tapi masih ada tambang-tambang batu bara di sekitarnya,” kata dia.

Baca Juga: Mengenal Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru RI Pilihan Jokowi

3. Ibu kota baru berdiri di lahan ITCI

Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kaltim Gunakan Lahan Milik Prabowo?Dok. Kementerian PUPR

Menurut Dahlan, kini letak ibu kota baru sudah jelas. Lokasi yang disebutkan Presiden Joko “Jokowi” Widodo meliputi dua kabupaten: Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

“Berarti lokasi itu tepat di lengkung terdalam teluk (Balikpapan) tersebut. Persis di bekas Hak Pengusahaan Hutan ITCI,” ujar Dahlan.

4. Prabowo akui penguasaan lahan seluas 220.000 hektare di Kaltim

Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kaltim Gunakan Lahan Milik Prabowo?ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Seperti diketahui, Prabowo Subianto pernah mengakui penguasaan lahan seluas ratusan ribu hektare, masing-masing 220.000 hektar di Kalimantan Timur, dan 120.000 hektare di Aceh Tengah.

Hal itu ia sampaikan di debat capres-cawapres ke-dua yang berlangsung di Hotel Sultan, (17/2). Namun, Prabowo menegaskan, status lahan tersebut merupakan hak guna usaha (HGU).

Baca Juga: Ibu Kota Baru Disulap ala Washington DC, Jakarta Bak New York City

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya