Dahlan Iskan Sebut Ibu Kota Baru Berdiri di Lahan Prabowo Subianto

Prabowo pernah mengakui tentang tanahnya di Kaltim

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan lewat laman pribadinya di disway.id mengatakan bahwa lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur berdiri di atas lahan milik Prabowo Subianto.

“Pemilik perusahaan itu sudah bukan orang Amerika lagi (International Timber Corporation Indonesia). Sudah berganti orang Indonesia. Namanya Prabowo Subianto,” kata Dahlan, dikutip IDN Times, Selasa (27/8).

1. Letak ibu kota baru dekat dari Teluk Balikpapan

Dahlan Iskan Sebut Ibu Kota Baru Berdiri di Lahan Prabowo SubiantoDok. Kementerian PUPR

Sebelumnya, Dahlan menuturkan bahwa dia sangat paham letak kota baru di Kalimantan Timur tepatnya di Teluk Balikpapan. Dulunya, ketika kawasan itu masih hutan pernah disebut sebagai kawasan ‘emas hijau’.

“Kayunya menghasilkan dolar tidak henti-hentinya. Kayu-kayu besar ditebang. Diekspor dalam bentuk gelondongan. Lewat teluk (Balikpapan) itu,” ujarnya.

2. Perusahaan ITCI bukan punya orang Amerika lagi

Dahlan Iskan Sebut Ibu Kota Baru Berdiri di Lahan Prabowo SubiantoANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Sebagai aktivis mahasiswa dan memulai karier wartawannya di Kalimantan Timur, Dahlan paham betul asal usul lahan calon ibu kota. Dahulu, hak penebangan hutan di Kalimantan Timur itu diberikan ke perusahaan asing dari Amerika (ITCI) yang berpusat di Oregon.
 
“Sebut saja nama ITCI. Di tahun 1970-an. Semua orang Kaltim tahu. Dekade itu saya hidup di Kaltim. Menjadi aktivis mahasiswa di sana. Juga memulai karier wartawan dari sana,” ujar Dahlan.

Sekarang, menurut Dahlan, hutan itu telah habis dan tidak ada lagi ITCI, dan pemilik lahan itu bukan lagi punya orang Amerika melainkan milik Prabowo Subianto.
 
“Tapi masih ada tambang-tambang batu bara di sekitarnya,” kata dia.

Baca Juga: Gerindra Dukung Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Paser Utara dan Kukar

3. Ibu kota baru berdiri di lahan ITCI

Dahlan Iskan Sebut Ibu Kota Baru Berdiri di Lahan Prabowo SubiantoDok. Kementerian PUPR

Menurut Dahlan, kini letak ibu kota baru sudah jelas. Lokasi yang disebutkan Presiden Joko “Jokowi” Widodo meliputi dua kabupaten: Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

“Berarti lokasi itu tepat di lengkung terdalam teluk (Balikpapan) tersebut. Persis di bekas Hak Pengusahaan Hutan ITCI,” ujar Dahlan.

4. Prabowo akui penguasaan lahan seluas 220.000 hektare di Kaltim

Dahlan Iskan Sebut Ibu Kota Baru Berdiri di Lahan Prabowo SubiantoANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Seperti diketahui, Prabowo Subianto pernah mengakui penguasaan lahan seluas ratusan ribu hektare, masing-masing 220.000 hektar di Kalimantan Timur, dan 120.000 hektare di Aceh Tengah.

Hal itu ia sampaikan di debat capres-cawapres ke-dua yang berlangsung di Hotel Sultan, (17/2). Namun, Prabowo menegaskan, status lahan tersebut merupakan hak guna usaha (HGU).

Baca Juga: Kaltim Jadi Ibu Kota Baru, DPRD Minta Pemerintah Perhatikan 4 Hal Ini

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya