Bamsoet Ingkar Janji, Azis Syamsuddin: Biar Allah Melaknatnya

Bamsoet tetap mencalonkan diri sebagai Ketum Golkar

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Golkar Azis Syamsuddin selaku tim sukses calon Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto enggan mengomentari pernyataan rivalnya, Bambang Soesatyo, yang berniat maju mencalonkan diri sebagai calon ketua umum.

Padahal ketika pria yang akrab disapa Bamsoet itu resmi duduk di kursi Ketua MPR RI, ia akan mendukung pencalonan Airlangga.

“Nah itu, yang tahu antara Pak Airlangga, Pak Bamsoet, sama Allah yang tahu (mau mencalonkan). Biar yang mengingkari, biar Allah yang melaknatnya,” kata Azis di Konpleks Parlemen DPR, Senayan, Senin (4/11).

Baca Juga: Azis Syamsuddin Diminta Tak Perkeruh Suasana Jelang Munas Golkar

1. Tim sukses Airlangga tidak menyiapkan secara khusus menghadapi Bamsoet

Bamsoet Ingkar Janji, Azis Syamsuddin: Biar Allah MelaknatnyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Namun, Azis dan tim sukses Airlangga tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi Bamsoet, jika benar dia akan mencalonkan. Mereka tetap menerima siapa pun yang bersedia mencalonkan diri sebagai calon ketua umum.

“Tidak ada yang bisa melarang orang untuk maju, kalau melanggar komitmen kan biar masyarakat yang menilai, biar Allah yang melaknat, kan gitu,” ucap Azis.

2. Kubu Airlangga mempersilakan siapa saja mencalonkan diri sebagai calon ketua umum, termasuk Bamsoet

Bamsoet Ingkar Janji, Azis Syamsuddin: Biar Allah MelaknatnyaIDN Times/Tunggul Kumoro

Azis belum mengetahui siapa saja yang mendaftar calon ketua umum, selain Airlangga. Jika memang Bamsoet jadi mencalonkan, kubu Airlangga siap bertarung.

“Yang battle kan Pak Bambang kalau (maju) sama Pak Airlangga. Kalau ada yang mau daftar ya daftar, gak bisa dilarang, sesuai AD/ART,” ujar Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) 2008-2011 itu.

3. Loyalis pastikan Bamsoet tetap maju mencalonkan sebagai ketua umum Golkar

Bamsoet Ingkar Janji, Azis Syamsuddin: Biar Allah MelaknatnyaIDN Times/Margith Juita Damanik

Sementara, loyalis Bamsoet, Darul Siska menyebutkan mantan Ketua DPR RI itu siap maju mencalonkan diri sebagai ketua umum Golkar. Ego pribadi maupun kesepakatan tidak akan menghalangi niat Bamsoet untuk memimpin partai.

"Beliau itu milik Golkar, ditugaskan sebagai Ketua MPR oleh Golkar. Kalau Golkar kemudian memintai Beliau bertanggung jawab membesarkan partai, maka Beliau tidak bisa menolak," kata Darul di DPR, Senin.

"Ego pribadi, kesepakatan pribadinya dengan Pak Airlangga itu bisa kalah apabila dia diminta oleh kader-kader di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota untuk memimpin partai di masa yang akan datang," ujar dia, menambahkan.

4. Loyalis tegaskan tidak ada komitmen antara Bamsoet dengan Airlangga

Bamsoet Ingkar Janji, Azis Syamsuddin: Biar Allah MelaknatnyaIstimewa

Terkait komitmen Bamsoet yang dipertanyakan oleh kubu Airlangga, Darul mengatakan, sebelumnya tak ada perjanjian antara Bamsoet dan Ketum Golkar itu. Menurut dia, perjanjian apapun di antara keduanya tidak akan mengikat seluruh kader, karena partai bukan milik mereka.

"Saya tahu tidak ada perjanjian di antara mereka. Kalau ada pembicaraan di antara mereka berdua, mereka harus sadar bahwa partai ini bukan milik mereka berdua. Kesepakatan mereka berdua tidak mengikat seluruh kader Golkar di semua lini. Kalau ada pembicaraan di antara mereka, mereka harus menyadari tidak boleh men-judge yang lain. Karena partai ini not belongs to them. Partai ini milik semua kader Golkar," kata dia.

Baca Juga: Terlibat Korupsi eKTP, Politikus Golkar Markus Nari Dituntut 9 Tahun 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya