PBNU Putuskan 1 Ramadan 1440 H Jatuh pada Senin, 6 Mei Besok

PBNU dan Muhammadiyah kompak putuskan 1 Ramadan Senin besok

Jakarta, IDN Times - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memutuskan awal puasa Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei besok. Keputusan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar di kantor PBNU, Jakarta pusat, Minggu (5/5). 

"Hilal sudah terlihat, awal puasa Ramadan jatuh pada Senin, 6 Mei 2019," kata Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj di kantor PBNU.

Keputusan ini sama dengan keputusan yang dibuat sebelumnya oleh ormas Islam  Muhammadiyah. Sebelumnya Muhammadiyah memutuskan 1 Ramadan 1440 H jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Dengan demikian, tidak ada perbedaan awal puasa Ramadan antara Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. 

Baca Juga: Alasan Kementerian Agama Putuskan 1 Ramadan 1440 H Senin 6 Mei 2019

Masyarakat diimbau menahan diri dari konten negatif medsos

PBNU Putuskan 1 Ramadan 1440 H Jatuh pada Senin, 6 Mei BesokANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Said Aqil mengimbau masyarakat agar di bulan suci Ramadan ini tidak hanya menahan diri dari rasa haus dan lapar, tapi juga menahan diri dari ucapan-ucapan dan konten-konten negatif di media sosial. 

"Kalau di bulan suci ini masih menghujat, fitnah, percuma, tidak ada artinya, tidak ada harganya bagi Allah puasanya," ujar Said Aqil.

Dia pun berharap, di bulan suci Ramadan tahun ini ibadah puasa umat Islam diterima Allah SWT sebagai amal soleh. "Mudah-mudahan ibadah puasa kita diterima Allah SWT sebagai amal soleh," ujar Said Aqil Siradj.  

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya