Deklarasi Pilkada Damai Mimika: Beda Pilihan tapi Tetap Jaga Persatuan

Kampanye harus sesuai aturan dan tidak saling menjatuhkan

Intinya Sih...

  • KPU Mimika gelar Deklarasi Pilkada Damai di Timika, Papua Tengah
  • Deklarasi diikuti 3 Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mikika
  • Ketua KPU mengingatkan Paslon agar berkampanye sesuai aturan dan tidak saling menjatuhkan

Timika, IDN Times – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika menggelar kegiatan Deklarasi Pilkada Damai di Lapangan Petrosea, Jalan WR Supratman, Timika, Papua Tengah, Rabu (25/9/2024).

Deklarasi tersebut diikuti oleh tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Mikika yakni Johannes Rettob dan Emanuel Kemong (JOEL), Maksimus Tipagau dan Peggi Patrisia Pattipi (MP3), dan Alexsander Omaleng dan Yusuf Rombe (AIYE).

Pantauan IDN Times, Deklarasi Pilkada Damai ini diawali dengan konvoi mengelilingi Kota Timika. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks deklarasi yang dipimpin oleh Ketua KPU Mimika, Dete Abugau, dan diikuti secara seksama oleh ketiga Paslon, perwakilan tim pemenangan, Pemerintah Daerah, dan Forkopimda.

Adapun dilakukan pelepasan tiga ekor burung merpati sebagai simbol perdamaian dan dilanjutkan penandatanganan deklarasi damai.

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau, dalam kesempatan mengajak ketiga paslon dan masing-masing tim pemenangnya serta masyarakat untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan setiap tahapan Pilkada di Mimika agar tetap aman dan damai.

"Mari kita sama-sama sukseskan Pilkada di Mimika dengan rasa aman dan damai. Pilihan kita boleh berbeda tapi persatuan dan persaudaraan tetap harus kita jaga," tegas Dete.

Dia juga mengingatkan setiap Paslon dan tim pemenangnya untuk berkampanye sesuai aturan dan tidak saling menjatuhkan.

"KPU persilakan setiap Paslon untuk melakukan kampanye dengan menawarkan visi dan misi kepada masyarakat, bukan berkampanye dengan menyebar isu sara, hoaks atau kabar bohong kepada masyarakat," tuturnya.

"Tawarkanlah visi misi aga masyarakat dapat memilih berdasarkan hati nurani," imbuhnya.

Di samping itu, Dete pun menekankan agar masyarakat tidak tergiur dengan praktik money politik yang ditawarkan Paslon manapun.

Dete menegaskan bahwa KPU tidak berpihak kepada Paslon manapun. KPU sebagai penyelenggara melaksanakan tugas sesuai aturan yang ada.

"Kami pastikan KPU tidak disetir oleh pihak manapun. KPU melaksanakan semua sesuai dengan aturan," kata Dete.

Tidak hanya itu, Dete juga menegaskan kepada pihak penyelenggara tingkat bawah untuk tidak bermain curang, apalagi berpihak kepada Paslon tertentu.

Baca Juga: 3 Paslon Pilkada Mimika 2024 Komitmen Jaga Persatuan tanpa Menjatuhkan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya