Comscore Tracker

Luhut Optimistis Virus Corona Melemah di Bulan April, Begini Alasannya

Luhut minta masyarakat disiplin lakukan physical distancing

Jakarta, IDN Times - Virus corona atau COVID-19 yang menjadi pandemi global, termasuk di Indonesia, diperkirakan akan mereda pada musim kemarau April mendatang. Hal itu dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. 

“Dari hasil penelitian, dengan temperatur yang tinggi April mulai masuk ini, terus kemudian imunity yang tinggi itu membuat COVID-19 sebenarnya relatif lebih lemah daripada di tempat lain,” kata Luhut dalam video konferensi yang diunggah di YouTube Kemenko Marves, Selasa (31/3).

Baca Juga: Luhut: Investasi Jalan Terus, Belum Ada yang Mundur karena Corona 

1. Luhut berharap masyarakat disiplin melakukan social distancing

Luhut Optimistis Virus Corona Melemah di Bulan April, Begini AlasannyaIlustrasi - Penerapan social distancing -- IDN Times/Yogie Fadila

Namun, kata Luhut, melemahnya virus corona di bulan April juga akan percuma kalau masyarakat tidak menjalankan imbauan physical distancing atau jaga jarak secara disik dengan orang lain.

“Terlalu banyak juga masih berkumpul ramai-ramai ya gak berlaku tadi mengenai keuntungan kita dari panas dan imunity yang tinggi tadi,” ujarnya.

2. Menurut Luhut, pemerintah menggunakan istilah karantina bukan lockdown

Luhut Optimistis Virus Corona Melemah di Bulan April, Begini AlasannyaIlustrasi lockdown (IDN Times/Arief Rahmat)

Luhut lalu menyinggung masalah lockdown. Ia menegaskan, pemerintah menggunakan istilah karantina alih-alih lockdown.

“Nanti terminologinya dicari juga, kita tidak kenal lockdown, kita kenalnya dikarantina, undang-undang nih yah, jadi jangan kita pakai lagi istilah lockdown itu,” katanya.

Menurut Luhut, penerapan lockdown tidak selalu berhasil. “Hanya Tiongkok yang relatif berhasil, kan tidak penuh lockdown juga di mana di Korea, di Italia juga tidak, sama Jerman,” katanya.

3. Kasus virus corona di Indonesia

Luhut Optimistis Virus Corona Melemah di Bulan April, Begini AlasannyaIlustrasi (IDN TImes/Arief Rahmat)

Sebelumnya Juru Bicara Penanganan Virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto, mengumumkan bahwa kasus virus corona di Indonesia semakin bertambah menjadi 1.414 kasus per Senin (30/3) kemarin.

Pasien meninggal akibat virus corona di Indonesia juga bertambah sebanyak 8 orang menjadi 122 orang. Sementara pasien sembuh menjadi 75 orang.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Virus Corona: Apa Itu Virus? Ini Asal Muasal dan Cara Terbentuknya

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya