Tidak Hadiri Pemakaman Sang Nenek, Kemana Ibas dan Istrinya?

Semua keluarga Cikeas hadir ke pamakaman

Jakarta, IDN Times - Siti Habibah, ibunda Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah disemayamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (31/8). Prosesi pemakaman berlangsung pada pukul 14.00 hingga 14.30 WIB.

Dalam pemakaman tersebut, kerabat dan keluarga SBY tampak hadir di tempat peristirahatan terakhir Eyang Habibah. Namun, sosok Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas beserta sang istri, tidak terlihat batang hidungnya.

Besan SBY, Hatta Rajasa mengatakan, Ibas berhalangan hadir dalam upacara pemakaman karena sedang berada di luar negeri. "Ibas sedang ada kunjungan ke luar negeri," kata mantan Ketua Umum PAN itu, saat menghadiri pemakaman.

Perihal lokasi pemakaman, Hatta mengatakan, TPU Tanah Kusir merupakan pilihan keluarga SBY. Selain itu, dari beberapa pilihan yang ada, pihak pengelola Tanah Kusir memberikan respons yang cepat.

"Kalau soal makam di Jakarta gak banyak pilihan. Pilihan kalau gak di sini, di Menteng Pulo atau Karet. Tadi malam diputuskan tempat ini karena paling cepat respons dari ketiganya. Langsung diterima," tutur dia.

Perihal lokasi pemakaman, SBY mengatakan sudah pernah membicarakan soal di mana sang ibu dimakamkan. Almarhumah Ani Yudhoyono, menurut SBY, merupakan sosok yang paling sering mengunjungi dan mendampingi ibundanya. Bahkan, saat kondisi sang bunda menurun, SBY dan Ani kala itu sudah membicarakan soal di mana Eyang Habibah akan dimakamkan. 

"Pepo, ibu kita Eyang Habibah keadaannya sudah seperti ini, kita harus memikirkan, bukan mendahului kehendak Allah, tetapi kalau nanti dipanggil mau kita makamkan di mana? Apa ke Madiun kita disemayamkan bersama ibundanya atau di Jakarta dekat dengan kita?" cerita SBY mengulangi ucapan Ani kepadanya.

Sementara dalam akun Instagramnya, @ibasyudhoyono, Ibas bersama sang istri menuliskan permohonan maaf pada sang Eyang, karena ia bersama istrinya masih berada di perjalanan menuju Tanah Air dari Giat, Cairo.

Hal serupa juga terlihat dari unggahan istri Ibas, Ailya Rajasa. Ia meminta maaf karena belum bisa segera hadir ke Tanah Air.

Seperti diketahui, ibunda SBY tutup usia pada Jumat (30/8) di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur, Bekasi, Jawa Barat. Siti Habibah meninggal pada usia 87 tahun, setelah menjalani perawatan yang cukup lama.

Baca Juga: Jenazah Ibu SBY Siti Habibah Telah Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya