Survei: Prabowo Capres Terkuat 2024, Ungguli Ganjar-Anies-AHY

Meski unggul, elektabilitas Prabowo mulai menurun

Jakarta, IDN Times - Prabowo Subianto menjadi calon presiden (capres) terkuat dalam Pilpres 2024. Pria yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu mengungguli Ganjar Pranowo, Anies Baswedan hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Demikian hasil survei nasional Parameter Politik Indonesia soal "Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir".

"Elektabilitas capres lima nama terbesar apabila pemilihan presiden dilaksanakan saat ini, dimana Presiden Joko Widodo tidak boleh mencalonkan diri lagi maka ada lima nama tokoh utama yang paling berpeluang," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga: Survei: Elektabilitas PDIP, PSI dan PKS Meningkat

1. Prabowo tokoh paling populer di masyarakat

Survei: Prabowo Capres Terkuat 2024, Ungguli Ganjar-Anies-AHYANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Adi mengatakan bahwa Prabowo menjadi tokoh paling populer saat ini dengan angka 22,3 persen. Lalu, diposisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 19,7 persen.

Ketiga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 18,1 persen. Keempat, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 10,1 persen dan terakhir ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno dengan angka 7,5 persen.

"Masih ada 22,3 persen angka suara yang ragu atau belum menjawab dalam survei lima tokoh capres Pilpres 2024 ini," ujarrnya.

 

Baca Juga: Gerindra Beri Sinyal Prabowo Siap Koalisi dengan PDIP di 2024

2. Dominasi Prabowo kian melemah

Survei: Prabowo Capres Terkuat 2024, Ungguli Ganjar-Anies-AHYANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Lebih lanjut Adi menyampaikan, meski Prabowo unggul namun dominasinya kian melemah. Hal itu tercermin dari semakin terpangkasnya elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra dengan tokoh lainnya.

"Keunggulan 8,2 persen pada Februari lalu menipis menjadi tinggal 1,8 persen pada Mei 2021," katanya.

3. Elektabilitas Ganjar, AHY dan Sandiaga Uno melejit

Survei: Prabowo Capres Terkuat 2024, Ungguli Ganjar-Anies-AHYIDN Times/Rudal Afgani

Adi menyebutkan ada tiga tokoh yang elektabilitasnya naik melejit dalam 3 bulan terakhir. Mereka adalah Ganjar Pranowo naik 2,6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono naik 1,7 persen dan Sandiaga Uno naik 1,3 persen.

Adapun survei ini dilakukan pada 23-28 Mei 2021 dan diikuti 1.200 responden dengan pengambilan sampel melalui sambungan telepon dengan margin of error sebesar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Menakar Posisi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya