Comscore Tracker

Daftar Orang Penerima Vaksin Perdana COVID-19 bersama Jokowi Hari ini

Vaksinasi rencananya digelar di Istana Kepresidenan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo, menurut jadwal, bakal disuntik vaksin COVID-19 buatan Sinovac Biotech hari ini, Rabu (13/1/2021). Rencananya, vaksinasi digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada pukul 09.00 WIB.

Vaksin buatan Tiongkok sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM). Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menyatakannya halal.

Selain Jokowi, ada sejumlah orang yang akan ikut vaksinasi perdana. Ini daftarnya.

Baca Juga: Perdana, Presiden Jokowi Akan Disuntik Vaksin Sinovac Hari ini

1. Ibu negara tidak ikut divaksin bersama Jokowi

Daftar Orang Penerima Vaksin Perdana COVID-19 bersama Jokowi Hari iniPresiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Jokowi akan divaksin bersama perwakilan dari berbagai elemen masyarakat. Sedangkan Ibu Negara Iriana Jokowi tidak akan ikut divaksin.

"Pak Presiden saja dengan berbagai lapisan unsur masyarakat, ada perawat, ada perwakilan tokoh agama, ada perwakilan pengusaha dan tentu masyarakat, pedagang," kata Heru saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (13/1/2021).

2. Menteri-menteri Jokowi tidak divaksin hari ini

Daftar Orang Penerima Vaksin Perdana COVID-19 bersama Jokowi Hari iniTwitter/@KSPgoid

Heru menambahkan, vaksinasi perdana COVID-19 juga tidak diikuti para menteri Jokowi. Para menteri akan divaksin pada waktu yang berbeda.

"Para menteri di hari lain. Sedang dipersiapkan oleh Kemenkes. Karena menteri-menteri akan bersama eselon satunya masing-masing dan ada jadwalnya, namun secepatnya," ucap dia.

3. Jokowi nyatakan siap disuntik vaksin pertama kali

Daftar Orang Penerima Vaksin Perdana COVID-19 bersama Jokowi Hari iniPresiden Jokowi dalam pelantikan Wagub DKI Jakarta. Youtube/Sekretariat Presiden

Pada awal perjalanannya, program vaksinasi yang digulirkan oleh pemerintah sempat mendapat keraguan dari masyarakat. Pada saat itu, masyarakat meragukan manfaat dari vaksin Sinovac.

Apalagi, efikasi dari vaksin asal Tiongkok tersebut sangat rendah di sejumlah negara. Jokowi pun tidak mau memberi keraguan pada masyarakat.

Pada Rabu (6/1/2021), mantan Wali Kota Solo itu akhirnya mengumumkan siap untuk disuntik vaksin pertama kali. Jokowi ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa vaksin COVID-19 aman.

"Insyaallah minggu depan ini dimulai. Sudah dimulai disuntik vaksin. Nanti yang pertama kali disuntik saya. Saya ingin menunjukkan bahwa vaksinnya aman karena sudah melalui uji klinis tidak hanya sekali-dua kali, sudah diuji," kata Jokowi saat pemberian bantuan modal kerja di halaman Istana Merdeka," ujar dia.

Setelah dirinya, giliran TNI/Polri, tenaga kesehatan dan masyarakat yang akan disuntik vaksin COVID-19. Dia berharap vaksinasi tersebut dapat membuat keadaan normal.

Saya harapkan, setelah divaksinasi ini, keadaan mulai kembali normal kalau sudah 70 persen penduduk Indonesia disuntik vaksin," tutur Jokowi.

Baca Juga: DPR Apresiasi Izin Darurat BPOM dan Halal MUI atas Vaksin Sinovac

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya