Selain Jokowi, Ini Orang yang Ikut Disuntik Vaksin Perdana Hari ini

Vaksinasi rencananya akan dilakukan di Istana Kepresidenan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan disuntik vaksin hari ini. Rencananya, vaksinasi akan dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada pukul 09.00 WIB.

Orang nomor satu di Republik Indonesia itu bakal disuntik vaksin CoronaVac, vaksin COVID-19 buatan Sinovac Biotech. Vaksin asal Tiongkok tersebut pun sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) serta dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Lalu siapa saja yang akan ikut vaksinasi bersama Jokowi hari ini? Ini orang yang ikut disuntik vaksin corona Sinovac hari ini.

Baca Juga: Perdana, Presiden Jokowi Akan Disuntik Vaksin Sinovac Hari ini

1. Ibu negara tidak ikut divaksin bersama Jokowi

Selain Jokowi, Ini Orang yang Ikut Disuntik Vaksin Perdana Hari iniPresiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Jokowi tidak akan divaksin bersama  Ibu Negara Iriana Jokowi. Namun, mantan Wali Kota Solo itu akan divaksin bersama perwakilan dari berbagai elemen masyarakat.

"Pak Presiden saja dengan berbagai lapisan unsur masyarakat, ada perawat, ada perwakilan tokoh agama, ada perwakilan pengusaha dan tentu masyarakat, pedagang," kata Heru saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (13/1/2021).

2. Menteri-menteri Jokowi tidak divaksin hari ini

Selain Jokowi, Ini Orang yang Ikut Disuntik Vaksin Perdana Hari iniTwitter/@KSPgoid

Vaksinasi yang dilakukan oleh kepala negara, lanjut Heru, tidak dibarengi oleh vaksinasi yang dilakukan para menterinya. Heru menyampaikan bahwa para menteri akan divaksin pada waktu yang berbeda.

"Para menteri di hari lain. Sedang dipersiapkan oleh Kemenkes. Karena menteri-menteri akan bersama eselon satunya masing-masing dan ada jadwalnya, namun secepatnya," ucap dia.

3. Jokowi nyatakan siap disuntik vaksin pertama kali

Selain Jokowi, Ini Orang yang Ikut Disuntik Vaksin Perdana Hari iniPresiden Jokowi dalam pelantikan Wagub DKI Jakarta. Youtube/Sekretariat Presiden

Pada awal perjalanannya, program vaksinasi yang digulirkan oleh pemerintah sempat mendapat keraguan dari masyarakat. Pada saat itu, masyarakat meragukan manfaat dari vaksin Sinovac.

Apalagi, efikasi dari vaksin asal Tiongkok tersebut sangat rendah di sejumlah negara. Jokowi pun tidak mau memberi keraguan pada masyarakat.

Pada Rabu (6/1/2021), mantan Wali Kota Solo itu akhirnya mengumumkan siap untuk disuntik vaksin pertama kali. Jokowi ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa vaksin COVID-19 aman.

"Insyaallah minggu depan ini dimulai. Sudah dimulai disuntik vaksin. Nanti yang pertama kali disuntik saya. Saya ingin menunjukkan bahwa vaksinnya aman karena sudah melalui uji klinis tidak hanya sekali-dua kali, sudah diuji," kata Jokowi saat pemberian bantuan modal kerja di halaman Istana Merdeka," ujar dia.

Setelah dirinya, giliran TNI/Polri, tenaga kesehatan dan masyarakat yang akan disuntik vaksin COVID-19. Dia berharap vaksinasi tersebut dapat membuat keadaan normal.

Saya harapkan, setelah divaksinasi ini, keadaan mulai kembali normal kalau sudah 70 persen penduduk Indonesia disuntik vaksin," tutur Jokowi.

Baca Juga: DPR Apresiasi Izin Darurat BPOM dan Halal MUI atas Vaksin Sinovac

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya