Jimly Asshiddiqie: Habibie Masih Menunggu Kedatangan Quraish Shihab

Ada empat orang yang ingin ditemui Habibie di rumah sakit

Jakarta, IDN Times - Presiden ketiga Republik Indonesia, B.J. Habibie saat ini masih dalam perawatan insentif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2003-2008, Jimly Asshiddiqie, datang menjenguk pada Senin (9/9) malam.

"Tadi melihat dengan Pak Ilham (Habibie), Anggota Wantimpres Malik Fadjar, ada pak Sofian Effendi kami sengaja dipanggil oleh dia sebelum ditidurkan, kita diminta datang," ujarnya usai menjenguk, Senin (9/9).

Sebelum diistirahatkan, kata Jimly, Habibie sempat meminta dirinya dan 4 orang lainnya untuk bertemu. Selain dirinya, Ilham Habibie, Malik Fadjar, dan Sofian Effendi, masih ada satu orang lagi yang masih ditunggu, yakni Cendekiawan muslim Quraish Shihab.

Jimly mengatakan saat ini Quraish Shihab tengah berada di Makassar. Rencananya, besok dia bakal hadir menjenguk. "Tinggal satu orang pak Quraish Shihab. Saya sendiri di Semarang begitu di pesawat langsung ke sini," terangnya.

Jimly mengungkapkan, permintaan Habibie untuk memanggil dirinya dan rekan-rekannya lantaran ada beberapa gagasan serta harapan yang ingin diceritakan sang profesor.

"Semangatnya untuk sehat itu besar sekali. Terbukti dia sengaja mengundang kita-kita. Keinginan dia untuk bicara macam-macam, semua dia sampaikan, termasuk impian dia soal industri pesawat terbang, impian dia tentang kualitas demokrasi, jadi banyak sekali," ungkapnya.

Untuk itu, dia memohon dukungan dan doa untuk Habibie agar segera diberi kesembuhan. Dia menilai masih banyak hal yang bisa dipelajari dari sosok Habibie.

"Kita berdoa dan berharap beliau masih bisa bertahan dan saya berharap kita semua segenap anak bangsa turut mendoakan presiden ke-3 ini. Karena masih banyak kearifan yang kita perlukan dari beliau, mudah-mudahan Allah memberi kesembuhan," ujarnya.

Baca Juga: Jenguk Habibie, Jimly Asshiddiqie: Kita Doakan yang Terbaik

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya