Comscore Tracker

Gagal Jadi Legislator, Nama-nama Ini Berebut Kursi BPK RI

Tiga nama dari Partai Gerindra

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 64 nama mencalonkan diri menjadi anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sejak dimulai pada 1 Juli 2019. Namun kemudian, jumlah itu meyusut menjadi 62 orang.

Dua orang yang mundur di awal adalah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rusdi Kirana dan Ferry Juliantono (Gerindra. Dari angka 62 tersebut mengerucut lagi menjadi 32 nama.

Menariknya, dari sejumlah nama itu ada beberapa yang menjadi sorotan. Tercatat ada sembilan politisi yang gagal dalam pemilihan legislatif lalu ikut berebut kursi di BPK RI.

1. Tiga nama dari Partai Gerindra

Gagal Jadi Legislator, Nama-nama Ini Berebut Kursi BPK RIIDN Times/Kevin Handoko

Tercatat nama politisi Partai Gerindra yakni Pius Pius Lustrilanang, Wilgo Zainar, dan Haerul Saleh ikut maju mencalonkan diri dalam seleksi calon anggota BPK 2019-2024. Mereka sama-sama gagal dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2019.

Pius gagal menembus Senayan melalui daerah pemilihan (dapil) Nusa Tenggara Timur (NTT) 1, Willgo gagal di dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) 2. Sedangkan, Haerul kalah di dapil Sulawesi Tenggara.

2. Nurhayati Ali Assegaf dari Partai Demokrat

Gagal Jadi Legislator, Nama-nama Ini Berebut Kursi BPK RIIDN Times/Kevin Handoko

Dari Partai Demokrat ada nama caleg DPR dari Partai Demokrat yang gagal memperoleh suara untuk kembali ke Senayan, karena tidak lolos di Dapil Jawa Timur 5. Nurhayati hanya mampu meraup 16.063 suara berdasarkan hasil rekapitulasi KPU.

Baca Juga: Dua Caleg Ini Tak Bisa Jadi Anggota DPR Meski Raih Banyak Suara

3. Daniel Lumban Tobing dari PDIP

Gagal Jadi Legislator, Nama-nama Ini Berebut Kursi BPK RIIDN Times/Kevin Handoko

Nasib baik juga belum berpihak pada politikus PDIP Daniel Lumban Tobing. Daniel maju dalam Pileg 2019 melalui dapil Jawa Barat VII. Namun, ia gagal meraih suara di dapilnya yang meliputi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

4. Akhmad Muqowam dari PPP

Gagal Jadi Legislator, Nama-nama Ini Berebut Kursi BPK RIIDN Times/Kevin Handoko

Setelah gagal mengamankan suara di Dapil Jateng 1 tiga kali berturut-turut, politikus PPP Akhmad Muqowam maju mencalonkan diri sebagai anggot BPK RI.

5. Tjatur Sapto Edy dari PAN

Gagal Jadi Legislator, Nama-nama Ini Berebut Kursi BPK RIIDN Times/Irfan Fathurohman

Tjatur Sapto Edy gagal mencoba peruntungannya menjadi caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Maluku Utara. Padahal, ia adalah anggota DPR RI dari Dapil Jateng VI.

6. Dua nama dari Partai Golkar

Gagal Jadi Legislator, Nama-nama Ini Berebut Kursi BPK RIIDN Times/Abdurrahman

Ahmad Noor Supit dan Ruslan Abdul Gani menjadi dua orang yang gagal menjadi caleg dari partai beringin.

Supit gagal melanjutkan periode ketiganya di Senayan, setelah kalah suara di Dapil Kalimantan Selatan 1. Sedangkan, Ruslan gagal menjadi anggota DPRD di Kota Pagar Alam.

Baca Juga: Bos Lion Air Mundur dari Bursa Pencalonan Anggota BPK

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya