Comscore Tracker

Sekda DKI Meninggal karena COVID-19 dan Komorbid

Saefullah punya riwayat penyakit asam lambung dan lainnya

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah dinyatakan meninggal dengan status positif COVID-19, Rabu (16/9/2020). Sebelumnya dia dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, sejak 10 hari lalu dengan sejumlah penyakit penyerta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi kabar meninggalnya Saefullah. Anies meminta semua pihak mendoakan mendiang.

"Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun. Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi yang amat baik itu, yang selama ini bekerja bersama kita, telah dipanggil ke Rahmatullah. Bapak Saefullah wafat pukul 12.55 WIB di RSPAD Gatot Soebroto," kata Anies dalam pesan singkatnya, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: [BREAKING] Sekda DKI Jakarta Saefullah Meninggal Dunia karena COVID-19

1. Saefullah dirawat dengan sejumlah penyakit penyerta

Sekda DKI Meninggal karena COVID-19 dan KomorbidIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan duka cita atas wafatnya Saefullah. Dia membenarkan almarhum meninggal usai dirawat dengan sejumlah penyakit penyerta.

"Beliau dirawat di rumah sakit karena ada gangguan penyakit asam lambung yang dideritanya dan beberapa penyakit lainnya," kata Riza, Rabu (16/9/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti turut mengonfirmasi penyebab meninggalnya Sekda Saefullah. Dia menyebut almarhum meninggal akibat infeksi pada paru-paru akibat terpapar virus corona.

"Bapak Saefullah meninggal karena shock sepsis irreversible dengan ARDS, yaitu kerusakan pada jaringan paru akibat infeksi COVID-19, sehingga menyebabkan gagal napas yang tidak dapat diperbaiki. Hal ini karena tidak bisa terjadi pertukaran oksigen yang memadai," kata Widyastuti pada Rabu (16/9/2020).

2. Pengamat hingga dokter berduka cita atas meninggalnya Saefullah

Sekda DKI Meninggal karena COVID-19 dan KomorbidHumas DPRD DKI Jakarta

Kabar kepergian Saefullah juga menjadi salah satu trending topic di media sosial Twitter. Pengamat Pendidikan dan Perkotaan, Darmaningtyas, juga berduka cita atas wafatnya Saefullah.

"Turut berduka cita untuk Sekda DKI Bapak Saefullah semoga almarhum husnul khatimah," cuit dia dalam akun Twitter @Darmaningtyas.

Kemudian, dokter sekaligus pengusaha dr. Tirta Mandira Hudhi juga mengucapkan duka cita. Dia mengungkapkan, seharusnya Saefullah hari ini hadir dalam rapat virtual bersama Pemprov DKI.

"Dapet kabar Pak saefullah sekda dki meninggal dunia karena covid. Tadi pas rapat virtual bareng pemprov, beliau digantikan. Abis rapat selesai, dapet kabar beliau wafat :( Dan pak dino patidjalal kritis di hcu karena covid. Klaster kantor emang paling jadi pr :(((," ujarnya dalam akun Twitter @tirta_hudhi.

Direktur Lembaga Survei Charta Politika, Yunarto Wijaya turut mengucapkan duka cita. Menurutnya, Jakarta sudah kehilangan sosok seperti Saefullah.

"Sekda jaman Ahok & Anies, Walikota dari jaman Foke & Jokowi, bahkan sblm nama2 itu dikenal di politik DKI beliau sudah merintis karier birokrasinya di DKI.. Jakarta kehilangan anda pak saefullah, terima kasih buat dedikasinya... Rest in Peace...," katanya dalam akun Twitter @yunartowijaya.

3. Saefullah Sekda kepercayaan lima gubernur

Sekda DKI Meninggal karena COVID-19 dan KomorbidSekda DKI Jakarta Saefullah (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Saefullah merupakan sosok yang telah menjabat sebagai Sekda DKI Jakarta sejak 2014 atau selama kepemimpinan lima Gubernur berbeda.

Saefullah pertama kali menjabat sebagai SekdaDKI Jakarta pada 2014 ketika Presiden Joko "Jokowi" Widodo masih menjadi gubernur. Saat tongkat estafet kepemimpinan ibu kota beralih ke Gubernur BasukiTjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, DjarotSaifulHidayat, hingga AniesBaswedan, posisinya tak tergantikan.

Sebelum menjadi Sekda, ia pernah menjadi Wali Kota Jakarta Pusat selama empat tahun pada 2010-2014 dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga pada 2009-2010. Selain menjadi Sekda, saat ini ia juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta.

Nama pria yang akrab dipanggil Bang Ipul ini bahkan sempat diusung Partai Gerindra menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno. Namun, akhirnya batal dipilih karena Gerindra mengajukan Riza Patria.

Baca Juga: [BREAKING] Anies: Sekda DKI Saefullah Meninggal Pukul 12.55 di RSPAD 

https://www.youtube.com/embed/1BUvaRqqi08

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya