Comscore Tracker

Pilkada Solo, PDIP Buka Peluang Usung Putra Jokowi

Setuju gak jika Kaesang atau Gibran masuk politik?

Jakarta, IDN Times - Dua anak Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep digadang-gadang bakal menjadi calon wali kota Solo 2020.

Partai tempat Jokowi bernaung, PDI Perjuangan (PDIP) ikut buka suara terkait kabar peluang Gibran dan Kaesang maju jadi calon wali kota Solo. 

1. Semua punya peluang sama

Pilkada Solo, PDIP Buka Peluang Usung Putra JokowiIDN Times/Daruwaskita

Partai berlogo moncong putih itu melalui Sekjen Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP tak menutup peluang untuk mengusung siapa pun menjadi calon wali kota Solo 2020, termasuk dua putra Presiden Jokowi, Gibran dan Kaesang.

"Kita serahkan pada kehendak rakyat. Yang jelas PDIP membuka mekanisme bagi putra-putri bangsa yang ingin berdedikasi, yang ingin menggunakan kekuasaan sebagai alat untuk menyejahterakan rakyat, kami membuka," kata Hasto, Minggu (27/7)

2. Ada sejumlah langkah yang harus dilalui untuk menjadi kader

Pilkada Solo, PDIP Buka Peluang Usung Putra JokowiIDN Times/Gregorius Aryodamar

Hasto menjelaskan, ada sejumlah langkah yang harus diikuti calon kader PDIP seperti mengikuti sekolah partai, psikotes, dan dilatih menjadi kepala-kepala daerah yang baik.

"Kami belum memulai tahap penjaringan. Tapi kami terus mencermati hadirnya tokoh-tokoh yang memenangkan hati rakyat. Kami akan terus mencermati siapa yang disuarakan rakyat untuk menjadi pemimpinnya," kata dia.

Baca Juga: Siapkan Kandidat, PDIP Ingin Pemilihan Pimpinan MPR Secara Aklamasi

3. PDIP siap berkoalisi dengan siapa saja

Pilkada Solo, PDIP Buka Peluang Usung Putra JokowiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Pada Pilkada 2020, PDIP menyatakan siap untuk membuka keran komunikasi politik dengan siapa saja, termasuk membangun koalisi dengan partai lain. Namun tentu saja mengedepankan Koalisi Indonesia Kerja (KIK), meskipun di beberapa daerah, karena latar belakang sejarah dan politik, membuka juga kemungkinan bekerja sama dengan partai lain.

"Kami meyakini bahwa ke depan melalui langkah-langkah organisasi kepartaian, melalui kekuatan pengurus struktural partai, dan membangun kerja sama dengan baik dengan tokoh-tokoh masyarakat, PDI Perjuangan akan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," ujar Hasto.

Baca Juga: Rebutan Kursi Ketua MPR, Ini Nama Calon dari PDIP dan Gerindra

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya