Surat Kematian Lina Mantan Istri Sule Tak Menyebut Penyebab Meninggal

Tedy menjalani pemeriksaan di Mapolrestabes Bandung

Bandung, IDN Times - Proses hukum dari laporan atas dugaan kematian tidak wajar mendiang Lina Jubaedah masih terus bergulir. Lina santer dikabarkan sudah meninggal dunia saat dalam perjalananan menuju Rumah Sakit Al-Islam, Kota Bandung, pada Sabtu (4/1). Selain itu, terdapat kejanggalan diduga berupa memar dibagian tubuh mendiang ibu kandung Rizky Febian.

Tedy Pardiyana, suami baru Lina Jubaedah, mengatakan jika istrinya mengalami sakit pernafasan hingga menyebabkan ia wafat. Namun, hal tersebut tidak dipercayai Rizky Febrian, anak sulung pernikahan Lina dari mantan suaminya, komedian Entis Sutisna alias Sule. Atas ketidakpercayaan itu, Rizky membuat laporan kepolisian di Polrestabes Bandung pada Senin (6/1).

1. RS Al-Islam hanya memastikan Lina meninggal

Surat Kematian Lina Mantan Istri Sule Tak Menyebut Penyebab MeninggalSuasana pemindahan jenazah Lina Jubaedah ke makam barunya di Ujungberung, Kota Bandung (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Kepala Bidang Informasi dan Pemasaran RS Al-Islam, Guntur Septapati, membenarkan bahwa rumah sakit menerima Lina dalam keadaan meninggal dunia. Artinya, jika tidak meninggal di rumahnya, Lina dipastikan menghembuskan nafas terakhir saat di perjalanan menuju rumah sakit.

"Pasien kami nyatakan meninggal dunia pada pukul 04.15 WIB," kata Guntur, saat dihubungj pada Jumat (10/1).

2. Surat kematian tanpa keterangan penyebab meninggal dunia

Surat Kematian Lina Mantan Istri Sule Tak Menyebut Penyebab MeninggalRizky Febian di makam Lina Jubaedah di TPU Nagrog, Ujungberung, Kota Bandung (IDN Times/Bagus F)

Ketika sampai di rumah sakit, Guntur mengatakan jika ia tidak memeriksa lebih lanjut kondisi tubuh Lina, utamanya terkait dengan penyebab kematian. RS Al-Islam, kata dia, hanya memastikan bahwa Lina tidak bernyawa dan menerbitkan surat kematian.

"Suratnya kini sudah diberikan pada keluarga," tutur dia.

3. Lina terakhir berobat pada November 2019

Surat Kematian Lina Mantan Istri Sule Tak Menyebut Penyebab MeninggalSuasana pemindahan jenazah Lina Jubaedah ke makam barunya di Ujungberung, Kota Bandung (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Guntur juga membenarkan bahwa Lina tercatat pernah berobat ke RS Al-Islam, terakhir kali pada November 2019. Soal keluhan Lina dalam berobat, RS Al-Islam tidak berhak untuk membocorkannya pada masyarakat.

"Enggak bisa disampaikan karena itu privasi pasien," ujar dia.

Privasi pasien memang menjadi aturan Kementerian Kesehatan yang dibebankan pada pihak rumah sakit agar tidak diumumkan pada masyarakat, kecuali atas persetujuan pasien itu sendiri.

4. Tedy kembali dimintai keterangan oleh polisi

Surat Kematian Lina Mantan Istri Sule Tak Menyebut Penyebab MeninggalTedy suami Lina Jubaedah datangi Polrestabes Bandung (IDN Times/Galih Persiana)

Sebelumnya, pada Kamis (9/1), polisi telah melakukan proses autopsi terhadap jenazah Lina yang baru dimakamkan selama lima hari. Hasil autopsi, diperkirakan akan diterbitkan dalam dua pekan ke depan.

Hari ini, Jumat (10/1), melanjutkan proses penyidikan, Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung telah kedatangan Tedy. Suami mendiang Lina ini sudah tiga kali dimintai keterangan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya