Comscore Tracker

IMS 2020: Millennial Indonesia Harus Berperan untuk Selamatkan Bumi

Siapa Greta Thunberg-nya Indonesia? #IMS2020

Jakarta, IDN Times - Wacana energi terbarukan semakin menggeliat setelah pidato Greta Thunberg, remaja perempuan 17 tahun, beberapa waktu lalu. Pada Desember 2018, aktivis pemanasan global asa Swedia itu membawakan pidato dalam Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pidato Greta itu membuat para hadirin pun terenyuh.

Pada akhirnya Greta membuat sejumlah pemangku kepentingan di seluruh dunia tergerak untuk melakukan upaya penyelamatan bumi dari dampak pemanasan global, khususnya di kawasan Eropa. Namun, bagi pemberdaya listrik sekaligus Eksekutif Direktur IBEKA, Tri Mumpuni, Indonesia memiliki "Greta" lainnya.

"Greta" Indonesia yang dimaksud Tri adalah para generasi millennial yang berinisiatif untuk menyelamatkan kondisi alam dengan menggunakan energi terbarukan. 

"Kalian (pada generasi millennial) harus yakin kalau Indonesia diberikan karunia alam oleh Allah SWT dengan sangat luar biasa," kata Tri, ketika menjadi salah satu pembicara di panggung Visionary Leaders untuk Indonesia Millennial Summit 2020, Jumat (17/1).

"Greta memang ada di sana (Eropa), tapi Indonesia juga sebenarnya punya. Yakinlah jika salah satu cara efektif atas semua masalah ini ialah dengan energi yang renewable," tuturnya, menambahkan.

Tri telah mendapat berbagai pengalaman setelah 30 tahun bergerak menerangi daerah terpencil di Indonesia lewat Pembangkit Listrik Tenaga Air. Dari berbagai pengalamannya, Tri mendapat sebuah pelajaran penting bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan karunia Tuhan.

"Kita punya jumlah lithium dan nikel yang terbesar di dunia. Itu salah satu dari banyaknya sumber daya energi yang kita punya. Maka itu kejarlah kemuliaan, maka rezeki akan mengejar kalian," ujar dia.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan, sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia.

Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

Baca Juga: IMS 2020: Kecewa Anak Papua Dibedakan, Samuel Tabuni Dirikan Kampus 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya