Comscore Tracker

Nekat Tanam Ganja di Pekarangan Rumah, Yoga Diringkus Polisi Bandung

Ganja ditanam dengan metode tanam bonsai

Bandung, IDN Times - Niat Yoga, 38 tahun, untuk menikmati hasil besar dari ganja yang dia tanam, pupus sudah. Ia diringkus aparat Polisi Resor Kota Besar Bandung. Saat ditangkap, ganja-ganja yang dirawatnya sejauh ini belum sempat panen.

Yoga menanam ganja dengan metode bonsai. Bagaimana polisi bisa menangkap kedua penanam tanaman yang diharamkan hukum Indonesia itu?

1. Yoga tanam ganja dalam pot di pekarangan rumah

Nekat Tanam Ganja di Pekarangan Rumah, Yoga Diringkus Polisi BandungIDN Times/Istimewa

Yoga ditangkap di kediamannya, di Jalan Rancasawo, Kecamatan Ciwastra, Kota Bandung, pada Jumat (19/7) malam. Dari sana, polisi menyita 38 paket sabu seberat 14,80 gram, ganja siap edar seberat 1,5 kg, dan tiga pot tanaman ganja.

"Ganja ditanam di pot-pot di pekarangan tempat tinggal Yoga," kata Kepala Resor Kota Besar Bandung, Komisaris Besar Irman Sugema, di tempat kejadian perkara pada Sabtu (20/7), seperti rilis yang diterima IDN Times Jabar.

Baca Juga: Resmob Polda Sulsel Tembak Pelaku Begal Pembawa Golok

2. Lahan khusus ganja

Nekat Tanam Ganja di Pekarangan Rumah, Yoga Diringkus Polisi BandungIDN Times/Galih Persiana

Irman, yang ditemani Kepala Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Irfan Nurmansyah, melakukan pengembangan kasus di kediaman Yoga. Mereka lalu menemukan nama Ricky, sosok yang menyuplai bibit tanaman ganja kepada Yoga.

Polisi kemudian mengejar Ricky. Tak lama, masih di hari yang sama, mereka kemudian menangkap Ricky dengan sejumlah barang bukti seperti 35 pot berisi bibit tanaman ganja, dan dua petak tanah berukuran 60x40 cm yang sudah ditanami ganja.

"Secara jumlah, ternyata Ricky punya pot lebih banyak. Bahkan dia juga punya lahan khusus untuk ganja," tutur Irman.

3. Pengungkapan kasus berawal dari laporan

Nekat Tanam Ganja di Pekarangan Rumah, Yoga Diringkus Polisi Bandungmichigan-marijuana-lawyer.com

Irfan mengungkapkan, bahwa aparat memang kerap menerima laporan terkait peredaran ganja di wilayah Ciwastra, Kota Bandung. Dari berbagai penyidikan, barulah polisi dapat meringkus Yoga dan Ricky.

"Menurut pengakuannya, mereka bereksperimen membuat bonsai ganja. Katanya untuk dikonsumsi sendiri, tapi keterangannya akan terus kami dalami," tutur Irfan.

Baca Juga: Curi Laptop Warga Pinrang, TNI Gadungan Diringkus Timsus Polda Sulsel 

4. Polisi mengejar pelaku lain

Nekat Tanam Ganja di Pekarangan Rumah, Yoga Diringkus Polisi BandungIDN Times/Sukma Shakti

Meski telah meringkus Yoga dan Ricky, namun Polrestabes Bandung tetap melakukan pendalaman kasus. Dikatakan Irfan, bahwa aparat masih memburu seorang penyuplai ganja dan sabu lainnya yang berada di Kota Bandung.

Sementara bagi Yoga dan Ricky, keduanya dijerat Pasal 114 ayat (2) jo  112 ayat (2), Jo. 111 ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Keduanya terancam hukuman di atas lima tahun penjara.

Baca Juga: Polisi Tembak Mati Begal Sadis di Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You