Comscore Tracker

Dirjen Imigrasi Ronny Sompie Dicopot, Terkait Kasus Harun Masiku?

Yasonna menunjuk pejabat baru menggantikan Ronny Sompie

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Imigrasi Ronny Franky Sompie dicopot dari jabatannya. Hal itu diumumkan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asas Manusia Yasonna Laoly.

“Supaya jangan ada conflict of interest, saya sudah memfungsionalkan Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdik Keimigrasian,” kata Yasonna usai menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1).

Yasonna mengatakan, keputusan tersebut harus dilakukan dalam rangka pembentukan tim gabungan untuk pencarian Harun Masiku, yang saat ini masih buron karena dugaan suap kepada Komisioner KPU Wahyu Setiawan, terkait pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR.

Yasonna mengatakan, saat ini dia telah menunjuk Irjen Kemenkumham sebagai Pelaksana Harian Dirjen Imigrasi untuk menggantikan Ronny Sompie.

“Supaya betul-betul independen maka Dirjen Imigrasi difungsionalkan sekarang ditunjuk Plh,” ujarnya.

Tim gabungan tersebut, lanjut Yasonna, akan terdiri dari beberapa lembaga, antara lain Kemenkominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Bareskrim Siber, dan Ombudsman.

“Jadi nanti tim independen ini bisa berjalan dengan baik karena saya mau kita betul-betul terbuka. Kalau tim saya nanti orang gak percaya,” tuturnya.

Sebelumnya, Menkumham Yasonna Laoly sempat mengatakan, Harun Masiku masih di luar negeri ketika tersangka KPK itu sudah di Indonesia. Hal tersebut ternyata ada kesalahan dari Imigrasi mengenai catatan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta atas tersangka KPK Harun Masiku.

Baca Juga: Menkum HAM Bantah Berusaha Halangi KPK Temukan Harun Masiku

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya