Yasonna Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie, karena Kasus Harun Masiku?

Yasonna menunjuk Irjen Kemenkumham untuk menggantikan Ronny

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan Hak Asas Manusia Yasonna Laoly mencopot Direktur Jenderal Imigrasi Ronny Franky Sompie. Diduga Ronny dicopot terkait kasus Harun Masiku.

Yasonna mengatakan, keputusan tersebut harus dilakukan dalam rangka pembentukan tim gabungan untuk pencarian Harun Masiku, yang saat ini masih buron karena dugaan suap kepada Komisioner KPU Wahyu Setiawan, terkait pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR.

Hal tersebut disampaikan Yasonna usai menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, bersama sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Kerja.

“Supaya jangan ada conflict of interest saya sudah memfungsionalkan Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdik Keimigrasian,” kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1).

Yasonna mengatakan, saat ini dia telah menunjuk Irjen Kemenkumham sebagai Pelaksana Harian Dirjen Imigrasi untuk menggantikan Ronny Sompie.

“Supaya betul-betul independen maka Dirjen Imigrasi difungsionalkan sekarang ditunjuk Plh,” ujarnya.

Tim gabungan tersebut, lanjut Yasonna, akan terdiri dari beberapa lembaga, antara lain Kemenkominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Bareskrim Siber, dan Ombudsman.

“Jadi nanti tim independen ini bisa berjalan dengan baik karena saya mau kita betul-betul terbuka. Kalau tim saya nanti orang gak percaya,” tuturnya.

Sebelumnya, Menkumham Yasonna Laoly sempat mengatakan, Harun Masiku masih di luar negeri ketika tersangka KPK itu sudah di Indonesia. Hal tersebut ternyata ada kesalahan dari Imigrasi mengenai catatan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta atas tersangka KPK Harun Masiku.

Baca Juga: Menkum HAM Bantah Berusaha Halangi KPK Temukan Harun Masiku

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya