Satgas COVID-19: Kebijakan Mudik Lebaran Masih Dibahas

Masyarakat diimbau bijak mengambil keputusan mudik

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah belum menentukan kebijakan mudik Lebaran Idulfitri 2021 karena masih tahap pembahasan. 

"Sejauh ini untuk kebijakan terkait mudik Lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian dan lembaga terkait,” kata Wiku dalam konferensi pers daring yang dikutip dari kanal YouTube BNPB, Selasa, 16 Maret 2021.

Baca Juga: Kemenhub Tidak Akan Larang Masyarakat Mudik Lebaran Tahun Ini 

1. Masyarakat diimbau bijak dalam mengambil keputusan

Satgas COVID-19: Kebijakan Mudik Lebaran Masih DibahasJuru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan situasi penularan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta perlu mendapatkan perhatian masyarakat secara luas dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta. Dok. ANTARA News/BNPB

Dalam kesempatan itu, Wiku mengimbau kepada masyarakat untuk tetap bijak dalam mengambil keputusan. Sebab, pandemik di Indonesia hingga belum berakhir dan jumlah kasus masih tinggi.

"Namun prinsipnya, dilarang atau tidaknya mudik saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat untuk dapat mengambil keputusan yang terbaik. Khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” imbaunya.

2. Menhub sebut pemerintah tidak melarang masyarakat mudik Lebaran

Satgas COVID-19: Kebijakan Mudik Lebaran Masih DibahasIDN Times/Axel Joshua Harianja

Perlu diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah memutuskan tidak melarang masyarakat mudik Lebaran tahun ini. Keputusan itu diambil walaupun Indonesia masih masa pandemik COVID-19.

"Terkait dengan mudik (Lebaran) 2021 pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang,” kata Budi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Komisi V DPR RI, Selasa, 16 Maret 2021.

3. Kemenhub akan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 soal mekanisme mudik

Satgas COVID-19: Kebijakan Mudik Lebaran Masih DibahasIlustrasi mudik menggunakan kapal/ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Untuk keamanan masyarakat, Budi menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 terkait mekanisme mudik. Selain itu, pemerintah akan melakukan tracing kepada mereka yang mudik demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita atur bersama Satgas dengan melakukan tracing terhadap mereka-mereka yang akan bepergian. Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan Lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Baca Juga: DPR Beri Catatan Khusus untuk Mudik Lebaran Tahun Ini, Apa Saja?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya