Comscore Tracker

Sederet Agenda Penting Membuat Kongres ke-5 PDIP Dipercepat

Kongres telah disetujui seluruh daerah

Jakarta, IDN Times - Kongres ke-5 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) digelar pada 8-11 Agustus 2019 di Bali.  Kongres kali ini mengagendakan pembentukan struktur dari tingkat DPC hingga DPD, untuk menjalankan ideologi Pancasila melalui serangkaian psikotes berjenjang.

Agenda penting apa saja yang akan dilakukan dalam kongres kali ini?

1. PDIP ingin jadi partai kaderisasi terbaik

Sederet Agenda Penting Membuat Kongres ke-5 PDIP DipercepatIDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam kongres kali ini partainya mengangkat tema Solid Bergerak untuk Indonesia Raya, dengan sub tema mewujudkan PDI Perjuangan sebagai partai pelopor.

“Tema ini mengandung makna bahwa soliditas partai melalui langkah kadernisasi kepemimpinan partai secara kelembagaan dan sistemik, telah membangun kesadaran ideologi Pancasila, kesadaran politik untuk memberikan dedikasi bagi rakyat bangsa dan negara,” kata Hasto di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

2. Kepentingan kolektif PDIP selalu diutamakan

Sederet Agenda Penting Membuat Kongres ke-5 PDIP DipercepatIDN Times/Istimewa

Dalam kongres ini, PDIP ingin membangun kesadaran organisasi partai untuk mengedepankan kepentingan kolektif dan semangat gotong-royong.

“Kedua dengan subtema mewujudkan PDIP sebagai partai pelopor, maka PDIP meletakkan dasar bekerjanya partai pelopor yang disiplin dalam berpikir atas dasar ideologi Pancasila, disiplin dalam teori, disiplin dalam berorganisasi dan disiplin dalam pergerakan kepentingan rakyat terus kami kedepankan,” ujar Hasto.

Baca Juga: Rebutan Kursi Ketua MPR, Ini Nama Calon dari PDIP dan Gerindra

3. Kongres telah disetuji seluruh daerah

Sederet Agenda Penting Membuat Kongres ke-5 PDIP DipercepatIDN Times/Istimewa

Diterangkan Hasto, bahwa agenda-agenda strategis pemerintahan sekaligus konsolidasi internal terkait ideologi, politik, organisasi, yang dirasa penting untuk segera dibahas, membuat kongres PDIP dipercepat.

“Hasilnya 514 kabupaten atau kota telah mengadakan konferensi cabang dan 33 provinsi sudah mengadakan konferensi daerah. Tinggal Provinsi Aceh yang akan mengadakan konferda pada 3 Agustus 2019,” jelas dia.

4. PDIP akan menyaring kader melalui serangkaian psikotes berjenjang

Sederet Agenda Penting Membuat Kongres ke-5 PDIP Dipercepattwitter.com/DPD_PDIP_JATENG

Dalam kongres ini pula, jelas Hasto, PDIP akan mengagendakan pembentukan struktur dari tingkat DPC dan DPD, untuk menjalankan ideologi Pancasila melalui serangkaian psikotes berjenjang.

“Dengan pendekatan ideologis tersebut, PDI Perjuangan menegaskan tidak ada money politic di dalam proses pembentukan kepengurusan partai,” kata dia.

Bahkan, kata Hasto, PDIP melalui tata cara demokrasi Pancasila yang dipraktikkan dengan cara musyawarah dan gotong-royong tersebut, proses konsolidasi berjalan dengan demokrastis.

"Sesuai kepribadian bangsa dan biaya paling efektif dan efisien dibandingkan dengan Partai lain,” Hasto menandaskan.

Baca Juga: PDI Perjuangan Undang Jokowi dan Prabowo Hadiri Kongres ke-5 di Bali

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya