Kiprah Jenderal Djoko Santoso di Dunia Militer dan Politik  

Almarhum bergabung dengan Gerindra pada 2015

Jakarta, IDN Times - Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso meninggal dunia pada Minggu (10/5) pagi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Almarhum meninggal dunia di usia 67 tahun akibat stroke.

Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 8 September itu dikenal sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia. Selain berkiprah di dunia militer, Djoko Santoso juga dikenal sebagai politikus Tanah Air.

Berikut ini kiprah Djoko Susanto di dunia militer dan politik.

1. Memiliki karier cemerlang di dunia militer

Kiprah Jenderal Djoko Santoso di Dunia Militer dan Politik  ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Karier militer Djoko Santoso dimulai dengan menjabat sebagai Komandan Peleton 1 Kompi Senapan A Yonif 121/Macan Kumbang. Ia juga pernah menjabat sebagai Waassospol Kaster TNI (1998), Kasdam IV/Diponegoro (2000), Pangdivif 2/Kostrad (2001).

Nama Djoko Santoso mulai berkibar setelah menjabat Panglima Kodam XVI/Pattimura dan Panglima Komando Operasi Pemulihan Keamanan (Pangkoopslihkam) 2002-2003 yang berhasil gemilang meredam konflik di Maluku, diteruskan dengan jabatan berikutnya sebagai Panglima Kodam Jaya Maret 2003–Oktober 2003.

Setelah itu karier Djoko Santoso terus melejit hingga menjadi Wakil Kepala Staf TNI-AD (Wakasad) tahun 2003, Kepala Staf TNI-AD (Kasad) pada tahun 2005, dan akhirnya Panglima TNI pada tahun 2007-2010.

2. Panglima TNI di era Presiden SBY

Kiprah Jenderal Djoko Santoso di Dunia Militer dan Politik  IDN Times/Irfan Fathurohman

Djoko Santoso diangkat menjadi Panglima TNI pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia menjabat Panglima TNI sejak 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010.

Sebelumnya Djoko pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat dari 18 Februari 2005 hingga 28 Desember 2007.

3. Pensiun dari dunia militer, Djoko Santoso bergabung ke Gerindra

Kiprah Jenderal Djoko Santoso di Dunia Militer dan Politik  Dok.IDN Times/Istimewa

Pensiun dari dunia militer, Djoko Santoso melanjutkan kariernya di dunia politik dengan bergabung di Partai Gerindra pada tahun 2015.

Ia mendapat jabatan sangat strategis di partai besutan Prabowo Subianto tersebut, yaitu sebagai Dewan Pembina. Pada Pilpres 2019 Djoko Santoso ditunjuk sebagai Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca Juga: [BREAKING] Mantan Panglima TNI Djoko Santoso Meninggal Dunia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya