Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya, PDIP: Itu Mimpi Bung Karno

Indonesia diprediksi jadi negara ke-4 dengan ekonomi terbaik

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merespons positif kebijakan baru Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang akan memindahkan Ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya mendukung rencana pemindahan ibu kota karena hal tersebut sesuai dengan keinginan Bung Karno yang ingin menjadikan Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sebagai Ibu kota Indonesia.

1. Jakarta khusus sebagai pusat perekonomian Indonesia

Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya, PDIP: Itu Mimpi Bung KarnoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hasto mengatakan Palangkaraya dipilih karena lokasinya yang strategis. Bahkan Hasto mengatakan Palangkaraya adalah titik pusat Indonesia.

"Bahkan telah ditarik garis imajiner, menjadikan Kalimantan Tengah sebagai sentralnya Indonesia dan dunia. Gagasan besar Bung Karno ini tentunya diintegrasikan dengan komitmen menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” kata Hasto dalam keterangan tertulis, Senin (29/4).

Baca Juga: Jokowi Putuskan Ibu Kota Akan Dipindah ke Luar Jawa

2. Jokowi telah mempertimbangkan pemindahan Ibu kota

Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya, PDIP: Itu Mimpi Bung KarnoInstagram/Weareinacraft

Hasto mengatakan Presiden Jokowi telah mempertimbangkan semua aspek terkait rencana pemindahan ibu kota ke Palangkaraya.

Implementasinya tentu memerhatikan banyak aspek, salah satunya adalah posisi geopolitik Indonesia yang begitu strategis dan menjadi titik temu, bahkan persenyawaan peradaban antar bangsa di seluruh penjuru dunia,” tuturnya.

3. Untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara kuat ke-4 dalam bidang ekonomi pada 2030

Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya, PDIP: Itu Mimpi Bung KarnoIDN Times/Arifin Al Alamudi

Kebutuhan pemindahan Ibu kota, sambung Hasto, juga telah mempertimbangkan arah masa depan Indonesia di mana pada tahun 2030 Indonesia diprediksi menjadi kekuatan perekonomian keempat di dunia.

“Jakarta tentu saja tetap berperan sentral dan strategis, apalagi sebagai pusat kekuatan perekonomian Indonesia. Dipastikan ke depan akan jauh lebih banyak ruang hijau dan tata kotanya akan semakin asri dan menawan karena kantor-kantor pemerintahan negara pun akan menyesuaikan dengan ibu kota baru tersebut,” jelasnya.

4. PDI Perjuangan akan berikan kajian internalnya mengenai hal tersebut

Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya, PDIP: Itu Mimpi Bung KarnoAntara Foto

Atas dasar itu, PDI Perjuangan akan memberikan kajian khusus secara geopolitik, kebudayaan, sosiologis, serta tata ruang yang menggambarkan hebatnya Ibu Kota Indonesia yang baru tersebut agar menampilkan seluruh watak, jati diri, dan sejarah panjang Indonesia Raya kita.

“Presiden Jokowi bergerak cepat dan memulai langkah strategis Indonesia Maju. Mari berpacu ke depan. Rakyat sudah menentukan Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin sebagai pemenang pemilu. Saatnya berpikir dan berpandangan maju,” tegasnya.

Baca Juga: Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Harus Direncanakan Matang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya