Comscore Tracker

Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit bagi WNI yang Bakal Dievakuasi dari Wuhan

Semua rumah sakit ada di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Pemerintah tengah mengupayakan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Wuhan, Tiongkok. Salah satunya, Kementerian Kesehatan menyiapkan tiga rumah sakit khusus. 

Jika WNI itu berhasil dievakuasi, mereka akan ditempatkan dan diisolasi di tiga rumah sakit khusus yang semuanya ada di Jakarta. Hal itu guna menghindari penyebaran virus corona ke Tanah Air.

Hal itu diungkap Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. 

1. Rumah sakit tersebut dipilih karena memiliki prasarana yang menunjang

Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit bagi WNI yang Bakal Dievakuasi dari WuhanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menkes Terawan mengungkap ketiga rumah sakit itu adalah Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Suroso, RSPAD, dan RS Persahabatan. Ketiga rumah sakit dinilai memiliki prasarana yang menunjang untuk menangani berbagai kasus infeksi oleh penyebaran virus.

“Kalau Jakarta. (Ketiga rumah sakit) yang punya chumber tekanan negatif dan gedung-gedung untuk isolasi,” kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1).

Baca Juga: Waspada Virus Corona, Stok Masker N95 di Pasar Pramuka Langka

2. Rumah sakit tersebut bisa menampung 200 orang di ruang isolasi

Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit bagi WNI yang Bakal Dievakuasi dari WuhanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Rumah sakit tersebut, lanjut Terawan, nantinya bisa menampung sekitar 200-an orang karena memiliki ruang isolasi yang cukup luas.

“Itu bisa kita lakukan tergantung kayak apa modelnya. Bertahap apa mau langsung, kita Kemenkes siap,” ujarnya.

3. Kemenkes menunggu perintah dari Kemenlu yang memang menjadi leading sector evakuasi WNI di Tiongkok

Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit bagi WNI yang Bakal Dievakuasi dari WuhanMenlu RI Retno P. Marsudi, 2 Januari 2020 (IDN Times/Uni Lubis)

Kendati demikian, Kemenkes harus menunggu perintah dari Kementerian Luar Negeri yang akan memimpin jalannya proses evakuasi WNI tersebut hingga bisa kembali ke tanah air.

“Tapi leading sector yang mengatur itu dari Kemenlu karena itu menyangkut clearance dari sana, wong di sana di lockdown kok, mau keluar aja gak bisa kok,” ucapnya.

4. Korban meninggal akibat virus corona mencapai 106 orang

Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit bagi WNI yang Bakal Dievakuasi dari WuhanIlustrasi virus Corona yang sudah menyebar ke 15 negara. IDN Times/ Arief Rahmat

Data terbaru dari Tiongkok pada hari Selasa (28/1), korban meninggal karena virus corona baru terus bertambah. Berdasarkan laporan terbaru, korban meninggal mencapai 106 orang, jumlah sebelumnya 81 orang.

Selain itu, virus corona tipe baru itu juga menginfeksi lebih dari 4.500 orang di dunia, dan terbanyak ada di Tiongkok. Provinsi Hubei di Tiongkok menjadi episentrum mewabahnya  virus corona yang dinamai 2019-nCoV itu.

Baca Juga: Korban Virus Corona Terus Bertambah, 106 Orang Tewas, 4.500 Terinfeksi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya