Evakuasi WNI dari Wuhan, Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit Khusus

RS tersebut bisa menampung 200 orang di ruang isolasi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan telah menyediakan rumah sakit khusus untuk mengisolasi Warga Negara Indonesia yang akan dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok ke Indonesia untuk menghindari penyebaran virus corona.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, pihaknya telah menunjuk tiga rumah sakit yang ada di Jakarta untuk menangani kasus tersebut.

1. Rumah sakit tersebut telah memiliki prasarana yang menunjang

Evakuasi WNI dari Wuhan, Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit KhususIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Rumah sakit itu, kata Terawan telah memiliki prasarana yang menunjang untuk menangani berbagai kasus infeksi oleh penyebaran virus.

“Kalau Jakarta, ya Jakarta kita akan siapkan tiga rumah sakit, RS Sulianti Suroso, RSPAD, RS Persahabatan yang punya chumber tekanan negatif dan gedung-gedung untuk isolasi,” kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1).

Baca Juga: Waspada Virus Corona, Stok Masker N95 di Pasar Pramuka Langka

2. Rumah sakit tersebut bisa menampung 200 orang di ruang isolasi

Evakuasi WNI dari Wuhan, Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit KhususIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Rumah sakit tersebut, lanjut Terawan nantinya bisa menampung sekitar 200-an orang karena memiliki ruang isolasi yang cukup luas.

“Itu bisa kita lakukan tergantung kayak apa modelnya, bertahap apa mau langsung kita Kemenkes siap,” ujarnya.

3. Kemenlu menjadi leading sector evakuasi WNI di Tiongkok

Evakuasi WNI dari Wuhan, Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit KhususMenlu RI Retno P. Marsudi, 2 Januari 2020 (IDN Times/Uni Lubis)

Kendati demikian, Kemenkes harus menunggu perintah dari Kementerian Luar Negeri yang akan memimpin jalannya proses evakuasi WNI tersebut hingga bisa kembali ke tanah air.

“Tapi leading sector yang mengatur itu dari Kemenlu karena itu menyangkut clearance dari sana, wong di sana di lockdown kok, mau keluar aja gak bisa kok,” ucapnya.

4. Korban meninggal akibat virus corona mencapai 106 orang

Evakuasi WNI dari Wuhan, Menkes Siapkan 3 Rumah Sakit KhususIlustrasi virus Corona yang sudah menyebar ke 15 negara. IDN Times/ Arief Rahmat

Data terbaru dari Tiongkok pada hari Selasa (28/1), korban meninggal karena virus corona baru terus bertambah. Berdasarkan laporan terbaru, korban meninggal mencapai 106 orang, jumlah sebelumnya 81 orang.

Jumlah total kasus yang dikonfirmasi di Tiongkok ini naik menjadi 4.515 pada 27 Januari, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan dalam sebuah pernyataan, naik dari 2.835 yang dilaporkan sehari sebelumnya.

Baca Juga: Kemenkes: Angka Kematian di Tiongkok Bukan Murni dari Virus Corona

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya