Bursa Ketum Golkar Makin Panas, Nurdin Halid Dukung Airlangga

Namun dukungan hanya bersifat pribadi

Jakarta, IDN Times - Partai Golongan Karya (Golkar) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) yang salah satu agendanya memilih ketua umum baru.

Nama Ketua Umum Airlangga Hartarto dan Ketua Korbid Bidang Pratama Bambang Soesatyo (Bamsoet) digadang-gadang sebagai calon kuat yang akan bertarung untuk memperebutkan orang nomor satu di partai berlambang beringin tersebut.

1. Nurdin Halid kembali dukung Airlangga Hartarto jadi ketum golkar lagi

Bursa Ketum Golkar Makin Panas, Nurdin Halid Dukung AirlanggaIDN Times/Daruwaskita

Ketua DPD I Golkar Sulawesi Selatan Nurdin Halid mengaku akan memberikan dukungannya kepada Airlangga Hartarto untuk melanjutkan lagi tampuk kekuasaanya di Golkar.

“Sudah mendukung, ia (mendukung Airlangga),” kata Nurdin Halid di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (11/8).

Baca Juga: ARB: Tidak Ada Polemik di Golkar Jelang Munas

2. Saling klaim dukungan adalah hal yang biasa jelang munas

Bursa Ketum Golkar Makin Panas, Nurdin Halid Dukung AirlanggaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ia pun menanggapi santai soal klaim kubu Bamsoet yang menyebutkan bahwa dirinya telah mendukung Ketua DPR RI tersebut. Menurutnya, saling klaim suara jelang Munas adalah hal yang biasa saja.

“Biasa saling mengklaim-klaim. Dari setiap Munas, pasti jumlah suara itu lebih banyak daripada yang sebenarnya. Kenapa? Karena saling klaim,” jelasnya.

3. Dukungan Nurdin Halid hanya bersifat pribadi

Bursa Ketum Golkar Makin Panas, Nurdin Halid Dukung AirlanggaFitang

Kendati demikian, dukungan dirinya kepada Airlangga hanya sebatas dukungan pribadi dan tidak bulat dari seluruh kader Golkar Sulsel.

“Gak, tidak ada jamin menjamin soal begitu, ya, dukung iya,” katanya.

4. Yorrys menilai Airlangga Hartarto telah gagal memimpin golkar

Bursa Ketum Golkar Makin Panas, Nurdin Halid Dukung AirlanggaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Untuk diketahui sebelumnya, politikus partai Golkar Yorrys Raweyai telah mengklaim bahwa DPD I Sulsel yang diketuai oleh Nurdin Halid telah membulatkan dukungan kepada Bamsoet untuk menjadi ketua umum Golkar periode 2019-2024.

Yorrys menilai, Airlangga Hartarto telah gagal memimpin Golkar lantaran menurunnya jumlah perolehan kursi legislatif DPR RI dari target yang telah ditentukan pada Pileg 2019 ini.

Baca Juga: Isu Gerindra Masuk Koalisi, Airlangga: Golkar Terbuka, Tapi...

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya