[BREAKING] Pemerintah RI Evakuasi WNI dari Tiongkok Esok

243 WNI diketahui berada di Provinsi Hubei

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia pada Sabtu (1/2) akan mengirimkan pesawat menuju ke Tiongkok untuk melakukan evakuasi terhadap 243 WNI yang terisolasi di Provinsi Hubei. Mereka terisolasi karena area tersebut dikarantina lantaran semakin massifnya penyebaran virus corona

Data terakhir yang dirilis oleh Pemerintah Tiongkok menyebut korban tewas telah mencapai 213 orang pada Jumat (31/1). Konfirmasi mengenai proses evakuasi yang dimulai esok disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Retno menjelaskan instruksi penjemputan datang langsung dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Setelah melakukan koordinasi sekian lama, Negeri Tirai Bambu akhirnya memberikan lampu hijau bagi Pemerintah Indonesia. 

“Pagi ini saya telah bertemu dengan Duta Besar RRC di Jakarta. Beliau telah menyampaikan clearance pendaratan dan pergerakan pesawat untuk evakuasi WNI dari Provinsi Hubei,” kata Retno di Kantor Kemenlu, Jakarta Pusat pada hari ini. 

Penjemputan WNI di Wuhan, kata Retno, akan dijadwalkan pada Sabtu (1/2) besok dengan menggunakan pesawat berukuran besar. Namun ia tidak merinci secara jelas jenis pesawat yang akan digunakan.

“Pesawat yang digunakan adalah pesawat berbadan lebar agar semua WNI yang bersedia dievakuasi dapat diterbangkan secara langsung tanpa melalui transit,” ujarnya.

Usai dievakuasi, kata Retno, ratusan WNI itu akan menjalani proses protokol kesehatan yang berlaku. Kendati tidak disebut secara eksplisit, hal itu bermakna mereka tidak langsung kembali ke rumah masing-masing, melainkan dikarantina lebih dulu. 

Ikuti terus pemberitaan mengenai evakuasi WNI dari Provinsi Hubei hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: Darurat! Menyebar ke 21 Negara, Korban Virus Corona Melonjak 213 Tewas

Topik:

  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya