Blusukan Mensos Risma Ditunding Pencitraan, PDIP Membela

PDIP dukung aksi blusukan yang dilakukan Risma

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, mendukung aksi blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini bertemu masyarakat kalangan bawah di sejumlah tempat.

Menurut Hasto, aksi blusukan yang dilakukan itu merupakan karakter kepemimpinan Risma sejak masih memimpin Kota Surabaya selama dua periode.

"Bu Risma juga kan belum lama dilantik, jadi karakter kepemimpinan Bu Risma setiap kunjungan ke daerah itu turun dan menyapa rakyat, khususnya mereka yang miskin yang terpinggirkan yang diperlakukan tidak adil," kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Jumat (8/1/2021).

1. Karakter blusukan harus jadi kultur kepemimpinan nasional

Blusukan Mensos Risma Ditunding Pencitraan, PDIP MembelaSekjen PDIP Hasto Kristiyanto (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Hasto menyatakan, apa yang dilakukan Risma  merupakan sebuah cara membangun harapan bagi rakyat kepada pemerintah. Sosok Risma diharapkan menjadi pemimpin panutan yang selalu menyatu dengan wong cilik.


"Dan tradisi blusukan ini juga dilakukan Presiden Jokowi sebelumnya ketika beliau menjadi Gubenur (DKI Jakarta). Sehingga ini harus menjadi bagian kultur kepemimpinan nasional kita, seorang pemimpin yang menyatu dengan rakyat," kata pria kelahiran Yogyakarta 54 tahun silam itu.

"Bukankah sejak awal ketika Konstitusi dirancang semangat dari para pendiri republik ini menegaskan bagaimana fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara?" lanjut lanjut Hasto.

Baca Juga: Dituduh Blusukan Setting-an, Risma: Gimana, Saya Gak Kenal

2. Risma akan melakukan blusukan ke seluruh wilayah Indonesia

Blusukan Mensos Risma Ditunding Pencitraan, PDIP MembelaMensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Hasto menambahkan, blusukan yang dilakukan Risma bukanlah sebuah selebrasi atas jabatan barunya sebagai Mensos. Walhasil, Hasto memastikan Eks Wali Kota Surabaya itu akan terus melakukan blusukan, bahkan bukan hanya di Jakarta, tapi juga diseluruh wilayah Indonesia.

"Apa yang dilakukan Bu Risma merupakan pelaksanaan semangat konstitusi, di mana fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara, bagaimana negara hadir, bagaimana keadilan sosial ini dikedepankan,” ujar lulusan UGM Yogyakarta ini.

Baca Juga: Mensos Risma Buka Suara Blusukannya Dituduh Settingan  

3. Risma bantah adanya setting-an saat aksi blusukan di Jakarta

Blusukan Mensos Risma Ditunding Pencitraan, PDIP MembelaMensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Usai ditunjuk oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini langsung tancap gas dengan melakukan aksi blusukan di Jakarta dan Bekasi untuk bertemu gelandangan dan pengemis.

Aksi blusukan Risma di Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta beberapa waktu lalu juga sempat mendapat perhatian publik karena disebut setting-an. Risma pun menanggapi santai tudingan tersebut.

"Ya saya gimana bisa nyetting itu, saya itu enggak kenal, saya mau ke Jakarta itu enggak tahu mau ke mana, maksudnya saya enggak hafal jalannya, ya bagaimana mau nyetting," ujar Risma kepada wartawan saat mengunjungi Balai Karya "Pangudi Luhur" Bekasi, Jumat (8/1/2020).

4. Risma mengaku sudah melakukan aksi blusukan sejak menjabat wali kota Surabaya

Blusukan Mensos Risma Ditunding Pencitraan, PDIP MembelaMensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Risma memastikan, aksinya menemui penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Jakarta bukan hal yang dibuat-buat, sebab kegiatan bertemu dan berbincang dengan tunawisma atau gelandangan sudah dia lakukan sejak menjadi wali kota Surabaya.

"Bukan hanya sejak jadi mensos, saya setiap hari berangkat ke kantor melalui jalan berbeda selalu memperhatikan orang-orang itu. Saya tidak tahu jalan di Jakarta, apa yang saya temui dan lihat, itu yang saya ajak bicara," tukas Mensos Risma.

Baca Juga: Kala Risma Boyong ke Ibu Kota: Cibiran Pencitraan Hingga Rival Anies

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya