Comscore Tracker

Surya Paloh Bantah NasDem dan PKS Bahas Opsi Koalisi 

"Mengenai (Pilpres) 2024 masih lama sekali"

Jakarta, IDN Times - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh dengan sejumlah petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menimbulkan spekulasi lahirnya poros oposisi.

Namun Surya membantah, kata dia kedatangannya ke DPP PKS hari ini, Rabu (30/10), tak lain untuk membahas isu dan kepentingan nasional.

Baca Juga: NasDem-PKS Mesra, Ketum PAN Menilai Ada Aroma Pilpres 2024

1. Pertemuan NasDem dan PKS membahas kepentingan nasional

Surya Paloh Bantah NasDem dan PKS Bahas Opsi Koalisi IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Meskipun PKS berada di luar pemerintahan, Surya menegaskan, kedua partai sepakat akan terus menjalin silaturahmi.

“Keterikatan kedua partai politik ini menandakan kepentingan bangsa di atas kepentingan segalanya, jadi saripati nya di sana. Pendekatan nya adalah moralitas dan edukasi, bagaimana etika politik dapat dilakukan di negeri ini,” kata Surya di Jakarta, Rabu (30/10).

2. Surya Paloh menampik anggapan pertemuan dengan PKS untuk kepentingan Pilpres 2024

Surya Paloh Bantah NasDem dan PKS Bahas Opsi Koalisi IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Surya juga membantah pertemuan tersebut sebagai bentuk penjajakan awal antara NasDem dan PKS untuk menyambut Pilpres 2024.

“Mengenai (Pilpres) 2024 masih lama sekali. Kami doakan semoga seluruh keluarga besar PKS sehat semua, energi positifnya menonjol, demikian juga NasDem,” ujar bos Media Grup.

“Dengan motivasi ini, kami lihat apa yang bisa dilakukan bersama. Nah, saatnya membangun kebersamaan, mencari lebih banyak persamaan dan menepis perbedaan-perbedaan,” sambung Surya.

3. Surya mengatakan partainya akan terus mengawal pemerintahan

Surya Paloh Bantah NasDem dan PKS Bahas Opsi Koalisi IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Menurut Surya, meskipun berada dalam partai koalisi pendukung pemerintahan, NasDem akan tetap mengawasi dan memberikan masukan jika dianggap ada yang salah.

Politikus asal Aceh itu khawatir, jika tidak ada yang melakukan fungsi pengawasan dalam pemerintahan, maka akan timbul penyimpangan.

“Demokrasi yang kita bangun adalah demokrasi yang tetap memerlukan check and balances. Pemerintah yang sehat adalah pemerintahan yang menerima pemikiran yang mengkritisi. Kami khawatir jalannya pemerintah tidak on the track,” kata Surya.

4. Meskipun PKS jadi partai oposisi, hubungan dengan NasDem tetap terjalin baik

Surya Paloh Bantah NasDem dan PKS Bahas Opsi Koalisi IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sementara, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, pertemuan antara PKS dengan NasDem bukan baru kali ini saja dilakukan. Sebelumnya, kedua partai ini telah berdiskusi panjang, bahkan sebelum Pilpres 2019.

“Kami ingin menegaskan jika Bang Surya di dalam pemerintahan, kami di luar, bukan berarti bermusuhan. Tapi kami bisa sinergi. Nah, ini kami harapkan bisa menjadi sumbangan bagi pendidikan politik di Indonesia,” ujar Sohibul, pada kesempatan yang sama.

Baca Juga: Susul PDIP, Golkar dan NasDem Mulai Jaring Kandidat Wali Kota Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You