Comscore Tracker

Sentilan Megawati bagi Millennial yang Disodorkan Jadi Menteri

Menurut Megawati, anak muda itu minimal harus tahu hal ini

Jakarta, IDN Times - Sejumlah anak muda dari generasi millennial masuk bursa calon menteri di pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo periode kedua. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menanggapi hal itu dengan nasihat yang bikin jleb. 

Megawati tidak menutup peluang para anak muda untuk berkiprah dengan masuk kabinet pemerintahan Jokowi yang di periode kedua akan didampingi Ma'ruf Amin. Namun, Megawati menegaskan, mereka harus dipastikan memang bisa bekerja. Begitu pun yang berusia tua namun berpengalaman dan bisa bekerja, tak seharusnya ditolak.

1. Megawati: Orang disodor-sodorkan, tapi tidak mengerti secara praktis tata pemerintahan

Sentilan Megawati bagi Millennial yang Disodorkan Jadi MenteriIstimewa

Ia mengatakan, di zaman Bung Karno, ada anggota kabinet muda, tapi memang pintar dan menguasai masalah. Namun, Megawati menilai ada kelemahan Indonesia, saat ini. 

"Orang disodor-sodorkan, tapi tidak mengerti secara praktis tata pemerintahan," kata Megawati melalui keterangan tertulisnya, Rabu (10/7).

Baca Juga: Temui Ombudsman, Amnesty Minta Polri Transparan Soal Kasus 21-23 Mei

2. Seorang menteri minimal harus mengenal fungsi DPR

Sentilan Megawati bagi Millennial yang Disodorkan Jadi MenteriIDN Times/Marisa Safitri

Mega menjelaskan seorang menteri disarankan tahu minimal fungsi DPR. Sebab di situ lah tempat membuat undang-undang (UU), bertemu dan mengawasi mitra kerja, hingga memutuskan RUU bersama Pemerintah.

Artinya, seorang muda itu paling tidak sudah harus belajar. Megawati memberikan gambaran dirinya masuk pemerintahan sudah memiliki pengalaman di DPR dalam membuat perundangan.

"Kalau tidak tahu proses bikin perundangan, bagaimana? Dan saya suka bilang, (jadi menteri) memang mau mejeng saja? Hehe. Saya tidak akan menyebut nama. Kita lihat, mereka-mereka yang tidak punya latar belakang di dalam proses menjalankan tata pemerintahan di republik ini, dia fail (gagal) karena dia akan bingung sebenarnya dia mau bikin apa. Perundang-undangan gak hafal,” ujar Mega.

Ini nama-nama menteri millennials yang beredar

Sentilan Megawati bagi Millennial yang Disodorkan Jadi MenteriDok. IDN Times/Istimewa

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah tokoh muda digadang-gadang bakal duduk di kabinet Joko “Jokowi” Widodo-Maruf Amin. Mereka antara lain Prananda Surya Paloh, Emil Elistianto Dardak, Muhammad Arief Rosyid, Angela Herliani Tanoesoedibjo, Arwani Syaerozi, dan juga Dito Ariotedjo.

Baca Juga: Para Millennial yang Masuk Bursa Menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You