5 Hal Tentang Baghdadi, Pimpinan ISIS yang Tewas di Tangan Militer AS

Ia mengklaim sebagai keturunan Nabi Muhammad

Jakarta, IDN Times - Khalifah sekaligus pimpinan kelompok teroris Islamic State Iraq and Syiria (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi, dikabarkan tewas di Idlib, Suriah bagian utara, dalam operasi militer Amerika Serikat, Sabtu (26/10).

Baghdadi merupakan target utama operasi militer Amerika karena ia dituding sebagai dalang sekaligus orang yang paling bertanggung jawab atas serangkaian aksi terorisme di dunia.

Sosoknya sangat sulit diketahui, bertahun-tahun memimpin ISIS namun tidak ada yang mengetahui di mana keberadaannya. Siapa sebenarnya Baghdadi?

1. Lahir di Samarra, bagian utara Baghdadi

5 Hal Tentang Baghdadi, Pimpinan ISIS yang Tewas di Tangan Militer ASDokumen DW News

Berdasarkan data yang dihimpun IDN Times, Baghdadi diyakini lahir di Samarra, bagian utara Baghdad, pada tahun 1971.

Menurut biografi yang diposting di forum jihad pada Juli 2013, ia meraih gelar master dan PhD dalam studi Islam dari Universitas Islam Baghdad (sejak berganti nama menjadi Universitas Irak) di pinggiran Adhamiya.

Laporan menunjukkan bahwa dia adalah seorang ulama di Masjid Hanbal Ahmad ibn Imam di Samarra pada sekitar waktu invasi pimpinan AS ke Irak tahun 2003.

2. Baghdadi mengklaim dirinya keturunan Nabi Muhammad

5 Hal Tentang Baghdadi, Pimpinan ISIS yang Tewas di Tangan Militer ASDokumen DW News

Baghdadi pernah mengklaim bahwa dirinya adalah keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Bahkan, ahli ideologi asal Bahrain, Turki al-Binali pada tahun 2013 lalu pernah menulis biografi tentang pemimpin ISIS tersebut.

Ia menyatakan bahwa Baghdadi memang benar keturunan Nabi Muhammad jika dilihat dari silsilah keluarganya.

Baghdadi dikatakan berasal dari suku al-Bu Badri, di mana sebagian besar berada di Samarra dan Diyala, Baghdad utara dan timur, dan secara historis penduduknya dikenal sebagai keturunan Muhammad.

3. Baghdadi menjadi pimpinan ISIS sejak 2010

5 Hal Tentang Baghdadi, Pimpinan ISIS yang Tewas di Tangan Militer ASwikipedia.org/US Army

Pada tahun 2010 Baghdadi menjadi pemimpin kelompok ISIS. Ia dikenal memiliki taktik perang yang sangat baik. Karena faktor itu banyak jihadis dari al-Qaeda lantas bergabung dengan ISIS.

Bahkan seorang analis dari Inggris mengatakan sekitar 80 persen pejuang Barat di Suriah telah bergabung dengan kelompok ini.

ISIS mengklaim memiliki pejuang dari Inggris, Prancis, Jerman, dan negara Eropa lain, seperti AS, dunia Arab dan negara Kaukakus.

4. Baghdadi pertama kali muncul melalui rekaman video

5 Hal Tentang Baghdadi, Pimpinan ISIS yang Tewas di Tangan Militer AS(Ilustrasi) Politico

Tidak ada yang mengetahui pasti penampilan dari Baghdadi karena dirinya tidak pernah mempertunjukan diri kepada khalayak. Namun, pada 5 Juli 2014 lalu ia secara resmi memperlihatkan wajahnya pada khotbah hari Jumat di Mosul, Irak melalui rekaman video.

Sebelumnya banyak bocoran yang menyebarluaskan foto Baghdadi, tetapi ia sendiri tidak pernah tampil di muka umum selama empat tahun menjadi pemimpin ISIS, yang sekarang menjadi Negara Islami.

Pernyataan tertulis pertamanya adalah sambutannya terhadap tewasnya Osama Bin Laden pada bulan Mei 2011.
Pesan audio pertamanya dikeluarkan bulan Juli 2012, berisi ramalan kemenangan Negara Islam di masa depan.

5. Amerika akan berikan hadiah besar jika ada yang berhasil menangkap Baghdadi

5 Hal Tentang Baghdadi, Pimpinan ISIS yang Tewas di Tangan Militer ASDokumen Guardian

Pada tanggal 4 Oktober 2011, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat yang mencatat al-Baghdadi sebagai Teroris Global Khusus yang Ditetapkan dan mengumumkan hadiah hingga 10 juta USD untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya atau kematian.

Hanya Ayman al-Zawahiri, kepala organisasi al-Qaeda global, yang mendapat hadiah lebih besar yaitu 25 juta USD apabila bisa memberi informasi yang mengarah pada penangkapannya atau kematian.

Seiring waktu, telah ada sejumlah laporan kematian atau cedera dari Al-Baghdadi; Namun, tak satu pun telah diverifikasi.

Baca Juga: [BREAKING] Pimpinan ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Dikabarkan Tewas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya