Comscore Tracker

Pemilihan Ketum Golkar Diprediksi Memanas, Internal Terganggu?

Caketum Golkar diharap tidak saling serang secara personal

Jakarta, IDN Times - Kontestasi perebutan ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024 diprediksi bakal memanas. Kemungkinan itu disampaikan Ketua DPP Partai Golkar Andi Sinulingga.

Bukan tanpa sebab, sebab hingga kini baru ada dua nama kandidat yang ramai diperbincangkan untuk maju sebagai calon ketua umum Golkar.

Baca Juga: Ini Nama Calon Menteri Millennials yang Diusulkan Golkar

1. Kandidat harus saling beradu gagasan

Pemilihan Ketum Golkar Diprediksi Memanas, Internal Terganggu?Fitang

Dikatakan Andi, dalam kontestasi ini masing-masing kandidat sebaiknya jangan menyerang secara personal. Mestinya yang dikedepankan, sambung Andi, adalah lahirnya visi misi yang membangun untuk partai berlambang beringin rimbun tersebut.

"Karena dua calon membuat memanas dan kita saling hajar sekarang panas orang mengatakannya dinamika itu bagus, tapi kalau destruktif itu bukan dinamika lagi," kata Andi di Hotel Puri Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (7/7).

2. Kontestasi calon ketum jangan memecah belah partai

Pemilihan Ketum Golkar Diprediksi Memanas, Internal Terganggu?IDN Times/Istimewa

Walau diprediksi akan berlangsung panas, namun Andi berharap agar pemilihan ketum Golkar tidak seperti kontestasi pada Pilpres 2019 lalu, lantaran akan menimbulkan dampak negatif bagi partai sendiri.

"Saya cuman sebagai fungsionaris mengharapkan supaya kontestasi Partai Golkar bukan seperti 'cebong-kampret' tidak positif, mudah-mudahan Republik ini cepat mencairkan ketegangan," kata dia.

3. Masing-masing caketum diimbau menahan diri

Pemilihan Ketum Golkar Diprediksi Memanas, Internal Terganggu?IDN Times/DPR RI

Andi menyebutkan kedua kandidat juga diimbau menahan diri, agar internal Golkar tetap kondusif demi terselenggaranya pemilihan ketum, yang dapat menghasilkan pemimpin terbaik untuk lima tahun ke depan.

"Kedua pihak bisa menahan diri, bayangkan kita satu anak bangsa mencebong-cebongkan mengkampret-kampretkan," ucap dia.

4. Pertarungan Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo sebagai caketum Golkar

Pemilihan Ketum Golkar Diprediksi Memanas, Internal Terganggu?IDN Times/Yogi Pasha

Dua nama yang santer diketahui maju sebgai calon ketua umum Partai Golkar yaitu Ketua Umum saat ini, Airlangga Hartarto dan Ketua DPR RI sekaligus Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet). Keduanya telah membangun komunikasi politik untuk menggalang dukungan dari seluruh pengurus DPD Golkar.

Baca Juga: Golkar Sulsel Deklarasikan Airlangga Jadi Caketum Golkar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya