Polri Buka Pendaftaran CPNS untuk 1.035 Formasi, Buruan Daftar

Tersedia juga formasi CPNS khusus untuk disabilitas

Jakarta, IDN Times – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sudah dimulai pada Rabu (30/6/2021). Salah satu yang membuka lowongan CPNS adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Melalui unggahan di akun Instagram @cpns_polri, tahun ini Polri membuka lowongan untuk 1.035 formasi. Jumlah tersebut terbagi menjadi empat jenis jalur seleksi yakni umum, cumlaude, disabilitas, dan putra/putri Papua/Papua Barat.

Berikut pendaftaran CPNS Polri 2021 selengkapnya:

Baca Juga: Pendaftaran Mulai 30 Juni, Ini Jadwal Lengkap dan Alur Seleksi CPNS

1. Syarat-syarat mendaftar CPNS Polri 2021

Polri Buka Pendaftaran CPNS untuk 1.035 Formasi, Buruan DaftarUpacara sertijab perwira tinggi Polri di Gedung Bareskrim Polri, Selasa (19/11) pagi. Sumber: Humas Polda Kaltim

Bagi calon pelamar yang hendak mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS Polri 2021, berikut syarat-syarat yang wajib dipenuhi:

  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Republik Indonesia
  • Sehat jasmani serta rohani
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar. Untuk formasi Dokter Spesialis usia maksimal 40 tahun
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/ Anggota TNI/Polri
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau PNS/Anggota TNI/Polri
  • Ijazah yang terakreditasi BAN-PT, sedangkan dan untuk tenaga kesehatan terakreditasi LAMPTKES
  • Tinggi badan untuk Pria minimal 157 cm dan Wanita 150 cm. Calon pelamar formasi putra/putri Papua/Papua Barat untuk Pria minimal 155 cm dan Wanita 150 cm
  • IPK formasi umum minimal 2.70 dan formasi Papua min 2.50
  • Surat Tanda Registrasi (STR) bagi pelamar formasi tenaga kesehatan
  • Khusus formasi cumlaude, merupakan lulusan terbaik dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/unggul dan Program studi terakreditasi A/unggul
  • Khusus formasi disabilitas, melampirkan surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya
  • Khusus formasi putra/putri Papua/Papua Barat, melampirkan surat keterangan dari kepala desa atau kepala suku yang menjelaskan bahwa calon pelamar adalah asli orang Papua

2. Dialokasikan untuk tenaga teknis dan tenaga medis

Polri Buka Pendaftaran CPNS untuk 1.035 Formasi, Buruan DaftarKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan upacara serah terima jabatan dan kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) di lingkungan Mabes Polri dan beberapa Kapolda, Kamis (4/3/2021) (Dok. Humas Mabes Polri)

Dari total 1.035 formasi CPNS Polri 2021 yang tersedia, jumlah tersebut nantinya akan dialokasikan ke beberapa formasi dan penempatan. Hal ini sebagaimana tercantum dalam dokumen presentasi Rapat Virtual Koordinasi dan Sosialisasi Pengadaan CPNS Polri pada 27 Mei 2021 lalu.

Disebutkan bahwa ada dua jenis formasi yang akan ditempati calon pelamar, yakni tenaga medis dan tenaga teknis. Adapun jumlah sebaran masing-masing formasi adalah 722 formasi untuk tenaga medis dan 313 untuk tenaga teknis.

Selain itu, penempatan untuk formasi tersebut juga akan dialokasikan, yakni sebanyak 232 formasi untuk penempatan di lingkungan Mabes Polri dan 803 formasi penempatan di lingkungan Polisi Daerah (Polda).

3. Kuota pelamar untuk setiap jalur seleksi, paling banyak untuk umum

Polri Buka Pendaftaran CPNS untuk 1.035 Formasi, Buruan DaftarKapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) mengucapkan selamat kepada para perwira tinggi Polri yang naik pangkat usai upacara kenaikan pangkat di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/10/2020). (ANTARA/ HO-Polri)

Dalam dokumen presentasi tersebut disebutkan bahwa pelamar dapat mendaftar melalui beberapa jalur seleksi yakni umum, cumlaude atau lulusan terbaik, disabilitas, dan putra/putri Papua/Papua Barat.

Adapun pembagian atau kuota yang tersedia bagi setiap jalur seleksi, paling banyak melalui jalur umum yakni 907 formasi.

Sedangkan untuk jalur cumlaude atau lulusan terbaik tersedia 104 formasi, disabilitas 21 formasi, dan putra/putri Papua/Papua Barat 3 formasi.

4. Rincian formasi bagi pelamar khusus disabilitas

Polri Buka Pendaftaran CPNS untuk 1.035 Formasi, Buruan DaftarDok. Humas Polda Metro Jaya

Pada pelaksanaan seleksi CPNS 2021 di lingkungan Polri, tersedia 21 formasi untuk pelamar khusus disabilitas. Adapun jabatan yang tersedia adalah sebagai berikut:

  • Analis Aplikasi dan Pengelolaan Dana Sistem Keuangan – 1 formasi di Polda Jambi
  • Terampil Pranata Laboratorium Kesehatan – 1 formasi di Polda Metro Jaya
  • Ahli Pertama Pranata Komputer – 1 formasi di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB)
  • Terampil Pranata Komputer – 4 formasi (Polda DIY, Polda Aceh, Polda Kalimantan Tengah dan Polda Sulawesi Tenggara)
  • Pranata Teknologi Informasi Komputer – 1 formasi di Polda Banten
  • Terampil Pengelola Data 13 formasi (1 Polda Sumatera Selatan, 1 Polda Kalimatan Selatan, 1 Polda Metro Jaya, 1 Polda Jawa Barat, 1 Polda Kepulauan Riau, 1 Polda Jawa Tengah, 1 Polda Jawa Timur, 1 Polda Sulawesi Tenggara, 1 Polda Banten, 2 Polda Maluku Utara, 1 Polda Papua serta 1 Polda Sulawesi Selatan)

Bagi kamu yang berminat menjadi CPNS di lingkungan Polri, buruan daftar. Cek pendaftaran CPNS Polri 2021 di sini: http://cpns.polri.go.id/

Baca Juga: Kabar Gembira! Kemenkumham Buka Lowongan CPNS 2021 untuk 4.558 Formasi

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya