69 Orang di Gorontalo Terjaring Razia Protokol Kesehatan COVID-19

Mereka digiring ke markas Batalyon Infanteri 713 Gorontalo

Gorontalo, IDN Times - Hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh Otanaha 2020, pada Kamis (23/7/2020), petugas gabungan TNI dan Kepolisian mendapati sebanyak 69 orang di Gorontalo melakukan pelanggaran protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19. Para pelanggar kemudian digiring ke Aula Batalyon Infanteri 713 Gorontalo untuk diberikan pembinaan terkait pandemik virus corona.

“Sementara kita mengedukasi masyarakat seperti ini,” tutur Wakapolda Gorontalo, Brigjen Pol. Jaya Subriyanto, kepada awak media, Kamis.

Operasi pencegahan penularan virus di Gorontali, sebelumnya telah dilakukan pada Rabu, 22 Juli 2020. Hasilnya, 75 orang terjaring tidak menggunakan masker. Padahal, kasus COVID-19 di Provinsi Gorontalo beberapa hari terakhir mengalami lonjakan drastis.

1. Masyarakat diminta berkontribusi di masa pandemik COVID-19

69 Orang di Gorontalo Terjaring Razia Protokol Kesehatan COVID-19Letkol Inf. H. Allan Surya Lesmana tengah memasangkan masker kepada warga, IDN Times/Elias

Jaya mengatakan, edukasi pencegahan virus corona diharapkan dapat memberikan pemahaman agar seluruh elemen masyarakat turut berkontribusi dalam menekan kasus virus corona. Minimal dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Paling tidak dirinya sendirilah,” ujar Jaya.

Usai diberikan pembinaan, para pelanggar protokol kesehatan diberikan masker dan hand sanitizer oleh petugas.

2. Rencana razia penerapan protokol kesehatan akan dilakukan di tingkat Polres dan Polsek

69 Orang di Gorontalo Terjaring Razia Protokol Kesehatan COVID-19Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Adnas, IDN Times/Elias

Lebih jauh Jaya menuturkan, pemberlakuan razia masker atau protokol kesehatan baru dilakukan di tingkat Polda. Namun tidak menutup kemungkinan akan dilakukan di tingkat Polres dan Polsek.

“Nanti kita akan sesuaikan lagi, kita selama ini Pak Kapolda dan Pak Danrem selalu berjalan seiringan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini. Beliau menginginkan bukan hanya di Polres sampai di Polsek-polsek itu juga,” katanya.

Ia juga mengatakan, operasi serupa telah dilakukan sebelumnya di pasar-pasar tradisional. Para petugas, kata Jaya, memberikan pemahaman agar melakukan pencegahan penularan corona.

Baca Juga: 1 Ton Cap Tikus Sitaan Polda Gorontalo Diolah Jadi Hand Sanitizer

3. Wakapolda berharap wabah corona dapat dikendalikan

69 Orang di Gorontalo Terjaring Razia Protokol Kesehatan COVID-19IDN Times/Elias

Dengan segala upaya yang telah dilakukan Polri, TNI dan juga pemerintah, Jaya berharap virus corona segera dapat dikendalikan agar tidak terjadi lagi peningkatan kasus. 

“Mudah-mudahan kita berharap semua bahwa Gorontalo khususnya dan Indonesia umumnya bisa berkurang.”

Setelah diberikan pembinaan oleh Polda Gorontalo dan TNI, warga yang terjaring pada razia protokol kesehatan dipulangkan dan dapat melakukan aktivitas dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Baca Juga: Operasi Patuh Otanaha, Polda Gorontalo Sasar Pelanggar Protokol Corona

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya