Comscore Tracker

Cerita Habibie yang Pernah Hampir Diracun di Rumahnya

Menjaga Habibie, ajudan sampai tidur di kolong kasur

Jakarta, IDN Times - Menjadi Presiden RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, hidup dengan  ancaman-ancaman. Beberapa di antaranya diceritakan Mayor Jenderal TNI (Purn) TB Hasanuddin, mantan ajudan Habibie saat menjadi Presiden RI ke-3.

Kal itu, Habibie baru saja diangkat menjadi presiden. TB Hasanuddin mengisahkan,  dia menerima informasi bahwa ada kelompok yang berusaha meracuni Habibie di kediamannya.

"Waktu itu banyak info sampai misalnya bahwa akan ada yang meracuni (Habibie) di kediaman," ujar TB Hasanuddin ketika kepada Kompas TV  saat dihubungi via telepon,  Rabu (11/9) malam.

Sebagai ajudan, Hasanuddin yang kala itu masih berpangkat kolonel mengawasi ketat Habibie dan keluarga. "Kami awasi, bahkan yang belanja ke pasar pun kami dampingi," katanya.

Dia pun mengungkap, sebuah informasi yang masuk kepadanya menyebut bahwa akan ada sekelompok prajurit liar melakukan penyerangan di malam hari. "Saya pun tidur di kolong tempat tidur Pak Habibie. Tugas saya selamatkan Presiden RI. Saya berpakaian training, bersenjata. Saat bapak mau ke toilet, saya bergeser, saya lihat raut wajah beliau tenang saja, tidak ada suatu tekanan," ungkapnya.

Hasanuddin mengaku banyak sekali cerita yang belum diungkapkan, termasuk kasus perkomplotan Pangkostrad kala itu.

"Mungkin dua jam, tiga jam, bisa habis cerita itu ya. Saya punya catatan tersendiri, sebagai ajudan tiap menit saya catat dan buku itu masih tersimpan dengan rapi. Fakta yang saya lihat langsung ada dalam buku catatan ajudan dan sekarang masih saya pegang," kata dia.

Ketika ditanya dari mana informasi-informasi ancaman terhadap Habibie diperoleh, Hasanuddin menjawab lugas. "Saya dapat info itu dari Kepala BAKIN, kalau sekarang itu Kepala BIN," ucapnya.

Baca Juga: Habibie Wafat, Warga Sulsel Diminta Naikkan Bendera Setengah Tiang

https://www.youtube.com/embed/ooHNupFPm-E

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You