Comscore Tracker

Daftar WNI di Natuna yang Dipulangkan Besok, Sulsel 17 Orang

Jumlah terbanyak di Jawa Timur, yaitu 68 orang

Jakarta, IDN Times - Pemerintah bakal memulangkan 238 warga negara Indonesia dari Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2) besok. Mereka menjalani observasi selama dua pekan terkait pencegahan wabah virus corona setelah dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok.

Dari data WNI yang diobservasi, mereka berasal dari 30 provinsi. Jumlah terbanyak dari Jawa Timur, yaitu 68 orang. Sedangkan dari Sulawesi Selatan ada 17 orang. 

“Paling banyak dari Jawa Timur, 68 orang, selebihnya tidak sebanyak itu, seperti Lampung 1 dan lainnya, ada datanya,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/1).

1. WNI yang diobservasi di Natuna didominasi mahasiswa berjenis kelamin perempuan

Daftar WNI di Natuna yang Dipulangkan Besok, Sulsel 17 OrangRatusan WNI tengah diobservasi di Pulau Natuna. Twitter.com/KemenkesRI

Yurianto mengatakan, sebagian besar WNI yang diobservasi di Natuna adalah mahasiswa berjenis kelamin perempuan. Selain 238 WNI yang dipulangkan dari Tiongkok, ada jugalima orang tim KBRI, 24 orang tim penjemput, dan awak Batik Air 18 orang.

“Warga yang diobservasi sebagian besar adalah mahasiswa dari 30 provinsi. Perempuan 158 orang dan laki-laki 80 orang dengan usia termuda 5 tahun dan usia tertua 64 tahun,” ujarnya.

Baca Juga: WNI di Natuna akan Dipulangkan pada Sabtu Siang 15 Februari

2. WNI di Natuna akan dijemput tiga pesawat pada Sabtu 15 Februari besok

Daftar WNI di Natuna yang Dipulangkan Besok, Sulsel 17 OrangPetugas medis menyemprotkan virus disinfektan ke ratusan WNI yang baru tiba dari Wuhan. ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo mengatakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini sedang menjalani masa observasi di Natuna akan dipulangkan pada Sabtu (15/2).

Sesuai dengan prosedur yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), masa inkubasi bagi para WNI yang datang dari Wuhan, Tiongkok, dilaksanakan selama 14 hari.

"Sesuai dengan alokasi waktu, selama 14 hari sejak diterima di Natuna, maka jatuh pada tanggal 15 Februari yang akan datang jam 12 siang. Dan rencananya akan dilepas langsung oleh Pak Kemenko hari Sabtu di Lanud Raden Sajad," kata Doni saat jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Kamis (13/2).

Sedangkan pesawat yang akan mengantarkan WNI ke Lanud Halim Perdanakusuma akan berangkat pada pukul 07.00 dari Jakarta menuju Natuna. Jumlah pesawat yang digunakan sama dengan pesawat yang menjemput WNI dari Batam ke Natuna, yakni dua boeing 737 dan 1 Hercules.

3. Data lengkap provinsi asal 238 WNI yang dievakuasi dari Tiongkok

Daftar WNI di Natuna yang Dipulangkan Besok, Sulsel 17 OrangRatusan WNI tiba di Bandara Wuhan Tiongkok untuk pulang ke Tanah Air. (Dok. Kemlu)

Berikut data lengkap provinsi asal 238 WNI yang dievakuasi dari Provinsi Hubei, Tiongkok:

Aceh 12 orang
Bali 2 orang
Banten 6 orang
Bengkulu 2 orang
DI. Yogyakarta 2 orang
DKI Jakarta 12 orang
Gorontalo 1 orang
Jakarta 1 orang
Jambi 5 orang
Jawa Barat 13 orang
Jawa Tengah 9 orang
Jawa Timur 68 orang
Kalimantan Barat 4 orang
Kalimantan Selatan 7 orang
Kalimantan Tengah 4 orang
Kalimantan Timur 14 orang
Kalimantan Utara 21 orang
Kepulauan Riau 2 orang
Lampung 1 orang
NTB 3 orang
Papua 6 orang
Papua Barat 8 orang
Riau 6 orang
Sulawesi Barat 2 orang
Sulawesi Selatan 17 orang
Sulawesi Tengah 2 orang
Sulawesi Tenggara 4 orang
Sumatera Barat 1 orang
Sumatera Selatan 1 orang
Sumatera Utara 2 orang.

Baca Juga: Observasi Corona Selesai, Begini Proses Pemulangan 238 WNI di Natuna

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya