Comscore Tracker

Viral Virus Corona Bisa Menular Melalui Ponsel Xiaomi Itu Hoaks!

Kok masih ada yang tega sebar hoaks dari musibah ya

Jakarta, IDN Times - Apakah kamu pernah menerima pesan berantai yang menyebut virus corona menyebar melalui server dan dikeluarkan dari speaker ponsel merek Xiaomi? Jangan percaya, karena itu hoaks!

Saat ini, negara-negara di dunia tengah siaga menghadapi penyebaran virus corona strain baru, 2019-nCoV. Hal itu menjadi celah bagi pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan hoaks. 

Baru-baru ini warganet dihebohkan kabar bahwa virus tersebut bisa ditularkan melalui ponsel Xiaomi, yang merupakan produsen dari Tiongkok. Informasi tersebut tersebar melalui broadcasting WhatsApp dan viral di berbagai platform media sosial.

Baca Juga: Waspada! 3 Kelompok Ini Paling Rentan Terserang Virus Corona

1. Si pembuat pesan berantai meminta pengguna ponsel merek tersebut

Viral Virus Corona Bisa Menular Melalui Ponsel Xiaomi Itu Hoaks!Viral medsos hp xiomi sebarkan virus corona (Dok. Istimewa)

"Yang punya hp Xiaomi cepat buang HP kalian, karena virus Corona berasal dari China, dan menyebar melalui server, dikeluarkan dari speaker Xiaomi!" begitu pesan berantai melalui WhatsApp tersebut, seperti Selasa, (28/1).

Pesan tersebut juga meminta pengguna ponsel asal Tiongkok tersebut untuk membuang ponsel Xiaomi.

"Virus Corona sudah menyebar melalui hp Xiaomi, buat pengguna Xiaomi lebih baik buang hp anda, nyawa lebih penting, sebarkan ke pengguna WA lain agar bisa terhindar dari virus ini," tulisnya.

Baca Juga: Kemenkes: Angka Kematian di Tiongkok Bukan Murni dari Virus Corona

2. Kemenkes tegaskan pesan berantai yang viral itu "Hoaks!"

Viral Virus Corona Bisa Menular Melalui Ponsel Xiaomi Itu Hoaks!Ilustrasi virus Corona yang sudah menyebar ke 15 negara. IDN Times/ Arief Rahmat

Saat dikonfirmasi, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono membantah informasi yang tengah viral tersebut.

"Ngawur, hoaks itu," ujarnya saat membaca berita hoaks tersebut yang disodorkan IDN Times, Selasa (28/1).

3. Kemenkes: barang/benda mati bukan sumber penularan virus corona

Viral Virus Corona Bisa Menular Melalui Ponsel Xiaomi Itu Hoaks!Wisatawan mengunjungi Dazaifu memakai masker di Dazaifu, Prefektur Fukuoka, Jepang. ANTARA FOTO/REUTERS/The Yomiuri Shimbun/Takashi Ozaki

Anung menegaskan bahwa barang mati bukan sumber penularan virus corona, tidak hanya ponsel tapi juga buah atau pakaian bekas dari Tiongkok.

"Jangan percaya hoaks. Gak ada ceritanya kalau baju bekas, makanan impor, atau barang-barang impor dari Tiongkok itu jadi penularan virus corona, memang mau pakai baju bekas juga," paparnya.

4. Hadapi wabah virus corona, masyarakat diminta tidak takut berlebihan

Viral Virus Corona Bisa Menular Melalui Ponsel Xiaomi Itu Hoaks!Antisipasi terus dilakukan di Bandara Abdul Rachman Saleh Malang untuk mencegah Virus Corona menyebar. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achmad Yurianto mengatakan bahwa penyebaran virus corona melalui barang kemungkinannya sangat rendah.

Dia menjelaskan lebih lanjut bahwa virus butuh inang yang masih hidup untuk tetap bertahan.

“Virus itu analog, sama persis dengan benalu di pohon. Benalu ini tidak akan hidup di pohon yang mati, sehingga butuh sel hidup. Terkait dengan barang-barang tentu bukan sel hidup kan, sehingga akan mati. Karenanya sangat tidak memungkinkan jika menular melalui barang maupun pakaian," imbuhnya.

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut berlebihan dalam menghadapi penyebaran virus corona.

5. Waspadai kebiasaan lupa untuk menjaga kebersihan diri sendiri

Viral Virus Corona Bisa Menular Melalui Ponsel Xiaomi Itu Hoaks!IDN Times/Yogi Pasha

Menurutnya, yang justru harus diwaspadai adalah kebiasaan kita yang sering kali lupa untuk menjaga kebersihan diri sendiri seperti kebiasaan menyentuh muka dan mulut tanpa memerhatikan kebersihan tangan.

“Justru titik lemah yang kita perhatikan, ada kebiasaan-kebiasaan berdasarkan dalam satu menit rata-rata setiap orang menyentuh mata, hidung dan mulut itu paling tidak 2 kali tanpa kita sadari, kalau tangan ini tercemar maka sama saja kita memasukkan sesuatu ke tubuh kita,” ungkap Yuri.

Baca Juga: Tak Semua Bisa, Masker Apa yang Efektif Tangkal Virus Corona?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya