Comscore Tracker

Pendemo yang Ricuh di Jakarta Adalah Massa Bayaran?

Polisi menemukan amplop berisi uang

Jakarta, IDN Times - Kepolisian menduga, pendemo yang ricuh di sejumlah titik Jakarta merupakan massa bayaran. Kesimpulan itu didapat dari sejumlah temuan-temuan di lapangan. 

Diberitakan sebelumnya, massa menggelar demo di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta sejak Selasa malam (21/5) hingga Rabu (22/5). Demonstrasi yang awalnya berjalan damai itu bentrok Selasa malam sekitar pukul 23.0 WIB.

"Kami temukan mobil ambulans berlogo partai penuh batu, selain itu saat kami geledah massa-massa tersebut membawa sejumlah amplop berisi uang. Saat ini, Polda Metro Jaya masih mendalami temuan tersebut," jelas M. Iqbal selaku Kepala Divisi Humas Polri Irjen, saat konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (22/5). Kendati demikian, Iqbal tidak merinci berapa uang yang ada di dalam amplop tersebut.
 
Polri juga menduga beberapa insiden yang menyebabkan kericuhan merupakan setting-an dan massa anarkis itu diduga merupakan massa bayaran.

"Bukan peristiwa spontan, tapi by design, setting-an. Diduga ini massa setting-an, massa bayaran untuk menciptakan rusuh. Di sejumlah wilayah ditemukan massa yang ke Jakarta membawa senjata tajam bahkan di Jawa Timur ada yang membawa bom molotov," beber Iqbal.

Baca Juga: Cegah Warga yang Mau Demo ke Jakarta, Polisi Awasi Bandara Hasanuddin

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You