Kronologi Lengkap Siswa Sembalun Tak Diluluskan karena Kritisi Sekolah

Aldi akhirnya lulus setelah Ombudsman dan KPAI turun tangan

Jakarta, IDN Times - Aldi Irfan, siswa SMAN 1 Sembalun Lombok kini bisa bernapas lega. Akhirnya, siswa kelas XII jurusan IPS ini dinyatakan lulus.

Aldi sempat tidak diluluskan pihak sekolah karena sikapnya yang mengkritisi kebijakan sekolah. Hingga akhirnya, Ombudsman RI dan KPAI turun tangan mengusut keputusan sekolah tersebut.

Berikut ini kronologi kasus Aldi Irfan, siswa pintar yang sempat tidak diluluskan pihak sekolah lantaran sikap kritisnya.

1. Aldi posting perjuangannya dan teman-temannya ke sekolah

Kronologi Lengkap Siswa Sembalun Tak Diluluskan karena Kritisi SekolahFacebook

Sikap kritis Aldi terjadi Januari sampai Maret 2019. Keberatan Aldi terhadap kebijakan sekolah dipicu 30 ketentuan yang dibuat secara sepihak oleh kepala sekolah tanpa proses musyawarah dan sosialisasi.

Adapun kebijakan antara lain memulangkan siswa yang terlambat, tidak boleh mengenakan jaket di sekolah, dan lainnya.

Padahal, di wilayah Sembalun, persis di kaki gunung Rinjani masih musim hujan, udara pun terasa dingin, terlebih jalan menuju sekolah rusak dan sulit dilalui ketika diguyur hujan.

Kondisi tersebut membuat Aldi mengunggah foto dan status yang menggambarkan perjuangan Aldi dan teman-teman ke sekolah saat musim hujan.

"Kami siswa SMAN 1 Sembalun tolong hargailah perjuangan kami, Kami ingin sekolah untuk masa depan kami agar kami bisa membahagiakan kedua orangtua kami, Pendidikan di peruntukan untuk siswa bukan dipersulit, tolong lihat perjuangan kami...Salam Demokrasi," tulis Aldi di halaman akun Facebooknya.

2. Aldi kritik kebijakan sekolah

Kronologi Lengkap Siswa Sembalun Tak Diluluskan karena Kritisi SekolahIDN Times/Margith Julia Damanik

Status yang ditulis Aldi membuat Kepala Sekolah murka. Dia memanggil Aldi untuk meminta penjelasan.

Aldi pun menyampaikan pendapatnya tentang kebijakan yang memberatkan siswa sebab kondisi wilayah tersebut memaksa siswa harus mengenakan jaket di sekolah dan terlambat masuk sekolah.

3. Kekritisan Aldi berujung ketidaklulusan

Kronologi Lengkap Siswa Sembalun Tak Diluluskan karena Kritisi SekolahIDN Times/Abdurrahman

Keberatan Aldi tersebut berujung pahit. Meski tergolong anak yang pintar, Aldi tidak diluluskan sekolah.

Merasa ada yang janggal, Aldi melaporkan masalahnya ke kantor Ombudsman RI Perwakilan NTB pada Selasa (21/5) siang, bersama orangtua dan sejumlah pendukungnya

Dilansir dari Antara, Ombudsman segera membentuk tim investigasi yang akan menangani laporan Aldi yang tidak lulus karena diduga sering mengkritik peran dan kebijakan sekolahnya.

Komisioner Ombudsman RI Perwakilan NTB Sahabudin mengungkapkan, laporan masuk ke Ombudsman setelah Aldi menemui jalan buntu saat mengadu ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) NTB.

"Kepala Dinas Disdikbud tidak bisa mengubah keputusan tentang ketidaklulusan Aldi," ujarnya.

Baca Juga: KPAI Temukan Kejanggalan Kasus Siswa Kritis Tidak Diluluskan Sekolah

4. KPAI turun tangan

Kronologi Lengkap Siswa Sembalun Tak Diluluskan karena Kritisi SekolahIDN Times/Margith Julia Damanik

Kasus Aldi pun viral hingga akhirnya KPAI turun tangan. Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti, mengungkapkan pihaknya sudah menemui siswa tersebut untuk menelusuri masalah yang dialaminya.

Retno heran dengan keputusan sekolah yang tidak meluluskan Aldi sebab nilai akademik yang diraih siswa itu memenuhi untuk diluluskan.

Selain itu, menurut teman dan guru, Aldi merupakan anak baik dan rajin, sopan, pintar dan kritis. Tidak heran jika selama tiga tahun, dia menjadi ketua kelas.

"AL adalah panutan dan pemimpin bagi banyak kawannya di sekolah. Makanya mereka juga heran kalau AL tidak lulus karena sikap dan prilakunya," ungkap Retno.

5. Guru diancam kepala sekolah

Kronologi Lengkap Siswa Sembalun Tak Diluluskan karena Kritisi SekolahIDN Times/ Dini suciatiningrum

Retno juga menemukan fakta bahwa kepala sekolah juga mengancam guru-guru tersebut untuk memberikan nilai B sehingga Aldi tidak lulus.

Kendati demikian, Retno salut terhadap sikap guru- guru Aldi. Meski diancam mulai tidak diangkat dan mendapat sertifikasi, namun menolak memberikan nilai buruk.

"Di mata guru dan teman, Aldi memang orangnya baik dan pintar," imbuhnya

6. Perjuangan Aldi berbuah manis

Kronologi Lengkap Siswa Sembalun Tak Diluluskan karena Kritisi SekolahANTARA/Dhimas BP

Akhirnya perjuangan Aldi berbuah manis. Aldi menerima surat kelulusan pada Sabtu (25/5) lalu.

Meski demikian, KPAI akan terus memantau kasus Aldi Irpan, dan memastikan bahwa guru-guru yang memberikan nilai sesuai tidak diberikan sanksi.

"Meski sekarang Aldi sudah diluluskan, tetapi kami akan terus memantau sekolah tersebut," ujar Retno.

Baca Juga: Siswa Tak Diluluskan Karena Kritis, KPAI Soroti Kepala Sekolah di NTB

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya