Comscore Tracker

KPU Tunggu 3 Hari Lagi untuk Tetapkan Capres-Cawapres Terpilih

Pasangan Jokowi-Ma'ruf mengumpulkan suara terbanyak

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah merampungkan rekapitulasi surat suara untuk Pemilihan Presiden 2019 di mana pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengumpulkan suara terbanyak. Meski demikian, penyelenggara pemilu itu akan menunggu tiga hari untuk menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih.

"Berdasarkan ketentuan, ada waktu selama tiga hari bagi peserta pemilu yang tidak puas dengan hasilnya, untuk mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi," kata Ketua KPU RI Arief Budiman setelah mengesahkan rekapitulasi provinsi terakhir, yakni Papua di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa dini hari (21/5).

Arief menjelaskan, ada waktu hingga 24 Mei 2019 bagi peserta pemilu untuk mengajukan sengketa ke MK. Apabila hingga waktu tersebut tidak ada pengajuan sengketa ke MK, kata Arief, KPU memiliki waktu tiga hari untuk menetapkan calon presiden dan wakil presiden terpilih.

"Sebaliknya, bila ada pengajuan sengketa ke MK, KPU menunggu putusan MK dikeluarkan. Baru setelah putusan MK keluar, KPU memiliki waktu tiga hari untuk menetapkan calon terpilih," jelas dia.

Sejak Jumat (10/5) hingga Selasa dini hari ini KPU telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019 untuk 34 provinsi dan 130 wilayah luar negeri.  

Baca Juga: Rekapitulasi KPU, Jokowi-Ma'ruf Menangkan Pilpres 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You