Comscore Tracker

Kemensos Tak Lagi Beri Santunan bagi Korban Meninggal akibat COVID-19

Alokasi anggaran 2021 untuk santunan ahli waris tidak ada

Jakarta, IDN Times - Pemberian santunan bagi ahli waris korban meninggal dunia akibat COVID-19 dihentikan oleh Kementerian Sosial. Padahal sebelumnya, Kemensos menyiapkan Rp15 juta untuk setiap korban.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tentang Rekomendasi dan Usulan Santunan Ahli Waris Korban Meninggal Akibat COVID-19 yang ditandatangani Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKS) Kemensos, Sunarti.

Baca Juga: Satgas Sebut Tren Kasus Baru COVID-19 di Sulsel Menurun

1. Alokasi anggaran santunan bagi korban meninggal akibat COVID-19 tidak tersedia di 2021

Kemensos Tak Lagi Beri Santunan bagi Korban Meninggal akibat COVID-19Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati

Dalam surat edaran tersebut tertulis dua poin. Poin pertama disampaikan tahun anggaran 2021 tidak tersedia alokasi anggaran.

"Pada Tahun Anggaran 2021 tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bagi ahli waris pada Kementerian Sosial RI, sehingga terkait dengan rekomendasi dan usulan yang disampaikan oleh Dinas Sosial Provinsi/Kab/Kota sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti," bunyi poin pertama surat tersebut.

2. Kepala dinas provinsi maupun kabupaten/kota diminta tidak lagi menyampaikan rekomendasi

Kemensos Tak Lagi Beri Santunan bagi Korban Meninggal akibat COVID-19Surat edaran kemensos/istimewa

Poin dua, Sunarti meminta agar kepala dinas provinsi menyampaikan hal ini kepada kepala dinas sosial kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

"Oleh karenanya berkenan Kepala Dinas Sosial Provinsi dapat menyampaikan hal tersebut pada angka 1 kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing, dan selanjutnya untuk tidak memberikan rekomendasi dan/atau usulan lagi pada Kementerian Sosial RI," bunyi poin dua.

3. Surat edaran tersebut dibenarkan Kemensos

Kemensos Tak Lagi Beri Santunan bagi Korban Meninggal akibat COVID-19Mobil Jenazah yang mengantarkan jenazah pasien COVID-19 ke TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

IDN Times berusaha menghubungi Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKS) Kemensos, Sunarti, untuk mengonfirmasi surat edaran tersebut, namun belum ada respons hingga Senin (22/2/2021) malam.

Namun Kepala Publikasi dan Pemberitaan Kementerian Sosial Herman Koswara membenarkan surat edaran tersebut.

"Iya benar," ujarnya dalam pesan yang diterima IDN Times.

"Tunggu, mungkin lagi sibuk beliau (Sunarti)," imbuhnya.

Baca Juga: Ada 20 Ahli Waris di Samarinda yang Ajukan Santunan Kematian Corona

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya