Comscore Tracker

Mengapa Rizieq Shihab Tidak Karantina di Wisma Atlet? Ini Alasannya

Rizieq diimbau isolasi mandiri selama 14 hari

Jakarta, IDN Times - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tidak menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Jakarta seperti umumnya orang yang datang dari luar negeri. Dia hanya disarankan menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Budi Hidayat mengatakan, Rizieq sudah melampirkan hasil tes PCR negatif. Orang yang datang dari luar negeri wajib memberikan hasil tes PCR dengan hasil negatif maksimal tujuh hari.

"Bagi WNI dan WNA yang hasilnya negatif, maka bisa melanjutkan perjalanan dan harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Namun jika tidak membawa hasil PCR akan dijemput dan diisolasi di wisma karantina sampai hasil PCR keluar, setidaknya tiga hari dan dilanjutkan isolasi mandiri 14 hari di rumah," ujar dia saat dihubungi IDN Times, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga: Imbas Macet karena Kedatangan Rizieq, 40 Penerbangan di Soetta Delay

1. Kemenkes imbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan

Mengapa Rizieq Shihab Tidak Karantina di Wisma Atlet? Ini AlasannyaRizieq Shihab (Tangkap Layar Front TV)

Kedatangan Rizieq menimbulkan kerumunan simpatisan di Bandara Soekarno-Hatta. Soal itu, Budi mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, serta rajin mencuci tangan.

"Iya artinya kan ada (simpatisan) yang pakai masker, kita selalu imbau agar mengedepankan protokol kesehatan," ujarnya.

2. Rizieq Shihab tiba di Bandara Soetta

Mengapa Rizieq Shihab Tidak Karantina di Wisma Atlet? Ini AlasannyaRizieq Shihab tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (10/11/2020) (Dok. IDN Times/Istimewa)

Rizieq Shihab tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Selasa 10 November 2020 pukul 08.37 WIB. Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif mengatakan, Rizieq langsung menuju kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

“Ada acara penyambutan biasa di sana,” kata Slamet kepada IDN Times, Selasa.

Rizieq tiba di Indonesia dari Arab Saudi, menggunakan pesawat Saudia SV816 yang diumpanginya dari Jeddah, Saudi.

Berdasarkan Flightradar24, pesawat Rizieq lepas landas dari Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah sekitar pukul 19.30 waktu setempat atau Senin, 9 November 2020 pukul 23.30 WIB, pesawat yang ditumpangi Rizieq take off pukul 19.40 waktu Jeddah atau 23.40 WIB.

3. Ribuan simpatisan menyambut kedatangan Rizieq Shihab

Mengapa Rizieq Shihab Tidak Karantina di Wisma Atlet? Ini AlasannyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Laskar Front Pembela Islam (FPI) kewalahan menghadapi ribuan simpatisan yang menyambut kedatangan Rizieq Shihab di kediamannya, Petamburan, Jakarta Pusat. Laskar FPI mencoba mengurai massa agar memberikan jalan masuk untuk mobil yang dikendarai Rizieq menuju kediamannya.

Rizieq pun menyambut ramah ribuan simpatisannya itu dari atap terbuka mobilnya, sembari membaca salawat. Dia juga memberikan salam hangat dengan lambaian tangan dan sesekali menyalami simpatisan yang menyambutnya.

Baca Juga: Kepulangan Rizieq Jadi Trending Topic, Begini Komentar Warganet

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya