Kemenkes Tidak Karantina Rizieq Shihab di Wisma Atlet, Ini Alasannya

Rizieq Shihab diimbau isolasi mandiri selama 14 hari

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Budi Hidayat mengatakan, berdasarkan hasil tes PCR pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, pihaknya hanya menyarankan Rizieq menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Budi mengatakan kepulangan Warga Negara lndonesia (WNI) dan Kedatangan Warga Negara Asing (WNA) dari Luar Negeri wajib memberikan tes PCR dengan hasil negatif maksimal tujuh hari.

"Bagi WNI dan WNA yang hasilnya negatif, maka bisa melanjutkan perjalanan dan harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Namun jika tidak membawa hasil PCR akan dijemput dan diisolasi di wisma karantina sampai hasil PCR keluar, setidaknya tiga hari dan dilanjutkan isolasi mandiri 14 hari di rumah," ujar dia saat dihubungi IDN Times, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga: Imbas Macet karena Kedatangan Rizieq, 40 Penerbangan di Soetta Delay

1. Kemenkes hanya imbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan

Kemenkes Tidak Karantina Rizieq Shihab di Wisma Atlet, Ini AlasannyaRizieq Shihab (Tangkap Layar Front TV)

Terkait timbulnya kerumunan simpatisan Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta, Budi hanya mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, dan rajin cuci tangan.

"Iya artinya kan ada (simpatisan) yang pakai masker, kita selalu imbau agar mengedepankan protokol kesehatan," ujarnya.

2. Rizieq Shihab tiba di Bandara Soetta hari ini

Kemenkes Tidak Karantina Rizieq Shihab di Wisma Atlet, Ini AlasannyaRizieq Shihab tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (10/11/2020) (Dok. IDN Times/Istimewa)

Rizieq Shihab tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Selasa (10/11/2020) pukul 08.37 WIB. Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif mengatakan, Rizieq akan langsung menuju kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

“Ada acara penyambutan biasa di sana,” kata Slamet kepada IDN Times, Selasa.

Rizieq tiba di Indonesia dari Arab Saudi, menggunakan pesawat Saudia SV816 yang diumpanginya dari Jeddah, Saudi.

Berdasarkan Flightradar24, pesawat Rizieq lepas landas dari Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah sekitar pukul 19.30 waktu setempat atau Senin, 9 November 2020 pukul 23.30 WIB, pesawat yang ditumpangi Rizieq take off pukul 19.40 waktu Jeddah atau 23.40 WIB.

3. Ribuan simpatisan menyambut kedatangan Rizieq Shihab

Kemenkes Tidak Karantina Rizieq Shihab di Wisma Atlet, Ini AlasannyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara, Laskar Front Pembela Islam (FPI) kewalahan menghadapi ribuan simpatisan yang menyambut kedatangan Rizieq Shihab di kediamannya, Petamburan, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan siaran langsung tvOne, Laskar FPI mencoba mengurai massa agar memberikan jalan masuk untuk mobil yang dikendarai Rizieq menuju kediamannya.

Rizieq pun menyambut ramah ribuan simpatisannya itu dari atap terbuka mobilnya, sembari membaca salawat. Dia juga memberikan salam hangat dengan lambaian tangan dan sesekali menyalami simpatisan yang menyambutnya.

Di dalam mobil yang membawa Rizieq, terlihat juga Ketua Umum FPI Ahmad Sobri Lubis yang sejak pagi tadi ikut menjemput imam besar itu di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Baca Juga: Kepulangan Rizieq Jadi Trending Topic, Begini Komentar Warganet

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya