IDI Harap Wanita Hamil Tak Ragu Periksa ke Dokter Pria: Sudah Disumpah

Konten dokter Kevin berimbas pada keraguan wanita

Jakarta, IDN Times - Buntut video Tiktok tentang 'persalinan' dokter Kevin Samuel tak dipungkiri membuat ibu hamil ragu, bahkan takut memeriksakan kehamilannya ke dokter kandungan pria. Hal tersebut diakui Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Jakarta Selatan, Yadi Permana.

Terkait hal tersebut, Yadi meminta agar wanita hamil tidak perlu khawatir memeriksakan kandungannya ke dokter pria. Sebab, seluruh dokter di Indonesia telah berikrar dan berjanji dengan melafalkan sumpah dokter, sesuai kode etik kedokteran Indonesia.

"Salah satu lafal atau isinya adalah saya akan menjalankan tugas dengan cara terhormat dan bersusila, sesuai dengan martabat pekerjaan saya. Di poin nomor tiga, saya akan memelihara dengan sekuat tenaga martabat dan tradisi luhur jabatan kedokteran," ujar Yadi dipantau dalam live Instagram @idi.jakartaselatan, Kamis (22/4/2021).

1. Seluruh dokter bekerja profesional

IDI Harap Wanita Hamil Tak Ragu Periksa ke Dokter Pria: Sudah DisumpahPersonel Tim Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polri mengikuti Apel Kesiapan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Tenaga Kesehatan Polri di Lapangan Promoter, Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (11/2/2021) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Baca Juga: Putusan IDI: Dokter Kevin Langgar Etika Profesi Sedang, Ini Sanksinya

Yadi meyakinkan seluruh dokter di Indonesia wajib bekerja secara profesional. Dia meminta agar tidak perlu takut memeriksakan diri baik ke dokter kandungan, dokter umum, dokter penyakit dalam yang memeriksa pasien yang berbeda jenis kelamin.

"Selain itu, selama pemeriksaan akan didampingi perawat atau bidan wanita untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, maupun untuk menghilangkan kekhawatiran, sehingga tidak perlu khawatir," katanya.

2. Dokter Kevin siap terima konsekuensi

IDI Harap Wanita Hamil Tak Ragu Periksa ke Dokter Pria: Sudah DisumpahIDI Jakarta Selatan gelar jumpa pers terkait sanksi dr. Kevin Samuel di Kantor IDI Cabang Jaksel, Jalan Lebak Bulus III, Jaksel, Kamis (22/4/2021). (instagram.com/idi.jakartaselatan)

Sementara itu, Kevin Samuel akan menerima semua konsekuensi atas perbuatannya membuat konten yang menuai kontroversi dan kecaman publik. Dia meminta agar publik tidak takut memeriksakan diri pada tenaga kesehatan yang berbeda gender.

"Saya harap atas kejadian ini tidak memudarkan semangat masyarakat untuk memeriksakan diri. Saya berjanji tidak akan melakukan ini lagi. Saya kedepannya hati-hati untuk bertindak," kata Kevin.

"Saya bersedia menerima konsekuensi yang diberikan yang sesuai dengan perbuatan saya, dan untuk ke depannya saya akan menjaga nama baik profesi saya. Atas kebaikan dan kemurahan hati untuk semua orang yang memaafkan saya, saya mengucapkan terima kasih," imbuhnya.

3. Gegara konten Kevin, ibu hamil ini beralih ke bidan

IDI Harap Wanita Hamil Tak Ragu Periksa ke Dokter Pria: Sudah Disumpahdokter Kevin Samuel Marpaung buat konten pembukaan persalinan (TikTok/Kevin Samuel Marpaung)

Sebelumnya, Kevin Samuel Marpaung ramai dikecam oleh warganet karena video TikTok yang diunggah melalui akun pribadinya @dr.kepinsamuelmpg. Warganet menganggap konten video tersebut melecehkan kaum perempuan, khususnya ibu hamil.

Dalam video tersebut, ia menunjukkan respons melalui gerakan tangan dan raut muka ketika ada pasien ibu hamil yang hendak memeriksa kandungannya. Video berdurasi 15 detik itu diunggah pada Sabtu (17/4/2021) di TikTok dan dengan cepat menyebar ke media sosial lain seperti Instagram dan Twitter.

Seorang ibu hamil, Vivi Setyoningrum seketika mengelus perutnya yang tengah mengandung calon anak pertama saat melihat video TikTok seorang dokter Kevin Samuel Marpaung yang tengah jadi sorotan.

"Ih wajahnya mesum gitu ya. Saya rasa kurang pantas, meskipun itu hanya konten. Sebaiknya buat konten lain lebih ke edukasi aja. Duh saya jadi pikiran macam-macam karena dokter kandungan saya juga cowok nih," ungkap perempuan berusia 26 ini pada IDN Times, Senin (19/4/2021) malam.

Melihat video yang tengah viral dan ramai dikecam oleh warganet tersebut, Vivi menjadi takut memeriksakan kehamilan selanjutnya ke dokter kandungan laki-laki. Apalagi, kandungannya saat ini akan mendekati Hari Perkiraan Lahir yang jatuh pada 28 Mei.

"Jadi mikir macem-macem, besok mau ganti ke bidan saja lah gak pakai BPJS gak apa-apa, yang penting tenang," terangnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Video Viral Dokter Kevin yang Lecehkan Perempuan

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya