Comscore Tracker

Petugas Temukan Orangutan Kalimantan Gemetar Saksikan Kobaran Api

Habitat satwa liar semakin tergerus

Jakarta, IDN Times - Begitu banyak satwa kehilangan tempat tinggal alami akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Satwa-satwa liar itu, terus tergusur dan bahkan menjadi korban ganasnya jilatan api yang terus saja menyala.

Di Kalimantan, petugas Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Pangkalan Bun Naoval Aqly mengungkapkan, sejumlah satwa menjadi korban kebakaran hutan dan lahan, terutama orangutan liar yang tinggal di dalam hutan.

Kepada IDN Times, Naoval menceritakan upaya petugas menyelamatkan sarang orangutan di lahan yang terbakar di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

1. Sarang orangutan liar di wilayah kebakaran hutan Kalimantan

Petugas Temukan Orangutan Kalimantan Gemetar Saksikan Kobaran ApiDok.istimewa

Naoval menceritakan, usai melepas lelah di posko sekitar pukul 22.00, dia melihat gerakan di ujung pohon, semakin lama gerakan itu semakin cepat.

"Saya pikir angin, namun saat saya sinari dengan lampu senter ternyata pohon itu menjadi sarang orangutan, saya tidak tahu persis berapa (orangutan) karena gelap," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Rabu (18/9).

2. Antisipasi kobaran api, tim bergerak cepat menyekat dan mendinginkan lokasi yang menjadi sarang orangutan

Petugas Temukan Orangutan Kalimantan Gemetar Saksikan Kobaran ApiDok. Dishut Kaltim

Naoval dan teman-temannya pun langsung sigap memberikan pertolongan, menyelamatkan sarang orangutan itu. Tim Manggala Agni menyekat dan mendinginkan lokasi yang menjadi sarang orangutan tersebut.

"Saat itu memang titik api belum sampai di sarang orangutan, tetapi kami khawatir api merembet cepat, sehingga kami lakukan penyekatan dengan menyiram air di sumber api dan lakukan pendinginan dengan air di bawah sarang orangutan tersebut," terangnya.

Baca Juga: Petugas Pemadam Temukan Banyak Bangkai Ular di Lokasi Kebakaran Hutan

3. Sedihnya melihat orangutan gemetar ketakutan

Petugas Temukan Orangutan Kalimantan Gemetar Saksikan Kobaran ApiIG: orangutan_cop

Saat itu, Naoval menerangkan, orangutan tersebut gemetar ketakutan di atas pohon. Kendati demikian, orangutan itu tidak langsung dievakuasi.

"Mereka orangutan liar, jadi kami evakuasi di lahan sekitar agar tidak terbakar," ucap Naoval yang merupakan pemuda asli Kalimantan Selatan. 

4. Khawatir orangutan akan menyerang perkampungan untuk sekedar mencari makan

Petugas Temukan Orangutan Kalimantan Gemetar Saksikan Kobaran ApiIG: @theorangutanproject

Kesedihan pun tak bisa disembunyikan Naoval saat melihat habitat orangutan yang semakin tergerus akibat kebakaran hutan dan lahan. Dia khawatir orangutan akan menyerang perkampungan untuk sekedar mencari makan.

"Sampai saat ini belum ada laporan serangan orangutan, tetapi ada orangutan yang masuk lahan cuma cari makan," paparnya.

Baca Juga: Matinya Raja Ular Rimba Kalimantan yang  Hangus Akibat Kebakaran Hutan

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You